Sukses

4 Pertanyaan Saat Interview yang Tidak Perlu Dikeluarkan

Perusahaan Anda perlu karyawan berkualitas. Oleh karena itu, ambil langkah awal dengan merekrut orang yang menikmati pekerjaan dengan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Agar perusahaan Anda sukses, Anda harus memiliki karyawan yang benar-benar peduli mengenai pekerjaan. Anda perlu mengatur proses perekrutan menjadi menyenangkan dan ramah.

Sangat tidak menyenangkan apabila perekrut Anda bekerja seperti mesin, apalagi kinerja menurun seiring waktu. Sayangnya, banyak karyawan yang seperti itu. Setidaknya Anda harus melakukan langkah awal yang benar dengan memilih karyawan yang tepat.

Saat melakukan interview, hindari menilai orang dari penampilan luar. Caranya, tanyakan hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai dirinya saja. Melansir dari forbes Senin (5/4/2016) berikut adalah pertanyaan yang tidak perlu Anda keluarkan saat memberikan interview.

1. Mengapa kami harus merekrut Anda?

Ketika melakukan perekrutan, ingatlah bahwa Anda memiliki perusahaan yang memerlukan orang yang berkualitas. Perlu adanya timbal balik dari perusahaan Anda dalam memberikan yang terbaik bagi karyawan. Ingatlah bahwa pada akhirnya, karyawan yang Anda pilihlah yang juga menjual perusahaan Anda kepada khalayak.

Oleh karena itu, hindari penilaian sepihak di awal. Jangan meremehkan karyawan dengan menanyakan. Pertanyaan ini mengandung makna seolah kandidat benar-benar membutuhkan pekerjaan Anda seolah tidak akan ada lagi yang menerimanya.

2. Apa kelemahan terbesar Anda?

Ketika Anda berasumsi bahwa kelemahan adalah masalah terbesar ketika menerima karyawan, maka Anda akan kehilangan hal-hal positif yang ternyata ada di dalam diri pelamar. Bila hal positif tersebut menyangkut perusahaan Anda, maka akan lebih gawat lagi.
Lagipula, untuk apa menanyakan kelemahan, bila setiap orang memilikinya?

3. Di mana Anda berada 5 tahun lagi?

Bila Anda mengharapkan jawaban positif mengenai perusahaan Anda 5 tahun lagi, maka Anda sedang bermimpi. Tidak mungkin dalam 5 tahun Anda memiliki perusahaan yang berkembang begitu pesat. Semua membutuhkan proses.

Lagipula bila karyawan Anda punya kesuksesan dalam 5 tahun lagi, dan tidak melibatkan perusahaan Anda, apakah Anda ingin meminta imbalan?

4. Apa yang Anda bawa untuk tim kami?

Pertanyaan ini sebenarnya tidak perlu ditanya lagi, karena seharusnya seorang pelamar sudah menuliskan kelebihan maupun keahlian mereka di CV. Bila Anda masih perlu menanyakannya lagi, maka perluaslah pertanyaan Anda agar mendapatkan jawaban yang lebih spesifik.

Lebih lagi, kekurangan pertanyaan ini adalah, Anda seperti menempatkan posisi pelamar seperti pelayan. Dengan perintah Anda, maka pelayan akan menuruti segala keinginan Anda. Anda jelas sudah membuat pekerja Anda merasa tertekan sejak awal.

(Shabrina Aulia Rahmah)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.