Sukses

Medco Pastikan Bakal Akuisisi Saham Newmont

Arifin Panigoro menyatakan dalam waktu dekat Medco akan mengumumkan secara resmi akuisisi Newmont.

Liputan6.com, Jakarta - Isu terkait akuisisi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) oleh Medco Energy tampaknya bukan hanya isapan jempol belaka. Bos Medco Energy, Arifin Panigoro menyatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengumumkan secara resmi akuisisi tersebut.

"Nanti saja itu. Tidak lama lagi kami umumkan. Press rilis lagi disiapkan. Dari pada salah menyebutkan. Kan saya harus patuh," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Arifin menyatakan, rencananya Medco akan mengambil alih seluruh saham NNT. Namun dia enggan menjelaskan lebih rinci terkait hal tersebut.

"Tunggu pengumumannya lah pokoknya diambil‎alih seluruhnya. Ya diresktruturisasi semua. Tenang saja enggak lama lagi (diumumkan). Saya kira minggu ini," lanjutnya.

Dia mengungkapkan, dana untuk akuisisi tersebut berasal dari pinjaman perbankan. PT Bank Mandiri Tbk disebut sebagai salah satu bank yang akan memberikan pinjaman. Namun saat ditanya berapa besar nilai pinjamannya, Arifin memilih untuk bungkam. "Tunggu berapa hari lagi, nanti saya undang semua," kata dia.

Menurut Arifin, rencana ini telah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor 1 di Indonesia itu pun disebut telah merestui akuisisi ini.

"(Bertemu Presiden Jokowi) Lapor saja bahwa ini sudah hampir selesai. (Pak Jokowi merestui?) Oh iya ini kan kemampuan nasional, tentu dia bantu," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.