Sukses

UKM Diminta Ikut Ramaikan Industri Ekonomi Digital

Kontrol kualitas menjadi tantangan bagi para pelaku UKM dalam menggeluti bisnis online.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang cepat memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin mengembangkan bisnis online, yang terbuka luas di era digital ini. Sebab itu para Usaha Kecil Menengah (UKM) dinilai harus mengambil andil dalam meramaikan ekonomi digital atau e-commerce tersebut.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi mengatakan kontrol kualitas menjadi tantangan bagi para pelaku UKM dalam menggeluti bisnis online.

Menurut dia, bagaimana pun hal ini harus menjadi suatu perhatian serius bagi para pelaku UKM. "Karena bisnis itu soal kepercayaan, ketika sebuah produk transaksinya dilakukan secara online, lalu kita tidak melakukan quality control dan mengecewakan maka habis sudah bisnisnya," kata dia dalam keterangannya, Kamis (7/4/2016).


Menurut Ahmad, untuk memenangkan persaingan maka UKM harus memperhatikan kualitas produk. Kualitas produk ini akan lebih unggul jika disinergikan dengan e-commerce. Para pelaku usaha juga diharapkan lebih serius dalam melakukan kontrol kualitas.

Dia menambahkan jika para pelaku UKM kesulitan dalam memasarkan produknya melalui digital marketing, dia memberikan solusi dengan menyerahkannya ke‎ Grand SMESCO Hills (GSH).

Grand SMESCO Hills (GSH) sebagai fasilitas terpadu yang menyediakan tempat yang sangat kondusif untuk kegiatan pelatihan, workshop atau outbound untuk KUKM maupun untuk kalangan asosiasi industri dan korporasi dalam meningkatkan keterampilan manajemen dan teknis pemasaran.

"Kalau Anda bingung memikirkan pemasaran tugaskan SMESCO untuk melakukan itu. Tugaskan SMESCO untuk memikirkan pasar. Sehingga dengan begitu para UKM ini tidak merasa bahwa mereka harus sendirian memikirkan bisnisnya," tutup dia. (Yas/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini