Sukses

PLN Sediakan Listrik Gratis untuk Masyarakat Nias

PLN berupaya atasi pemadaman listrik di Nias dengan mendatangkan genset dari sejumlah wilayah.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero)  Area Nias  telah mendirikan dua posko informasi dan pelayanan yang terletak di Lapangan Merdeka dan kantor PLN Area Nias untuk mengurangi penderitaan masyarakat.

Manajer Senior Public Relation PLN Agung Murdifi mengatakan‎, posko yang didirikan berfungsi untuk melayani masyarakat  dengan fasilitas listrik gratis,  mengikuti jadwal pemadaman bergilir dan informasi terkini terkait upaya yang dilakukan PLN dalam mengatasi pemadaman di Nias.

"Posko informasi dan pelayanan ini sengaja dibentuk untuk dapat memenuhi kebutuhan warga pada saat pemadaman tengah terjadi," kata Agung, di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Selain itu posko juga diharapkan bisa menjadi wadah kegiatan masyarakat pada saat pemadaman berlangsung, sehingga masyarakat bisa tetap menikmati listrik meski dalam jumlah terbatas.

 

"Diharapkan dengan adanya posko ini masyarakat bisa mengetahui kepastian dan perkembangan terkait upaya-upaya yang dilakukan PLN untuk mengatasi pemadaman di Nias," ujar Agung.

PLN berharap masyarakat bisa memaksimalkan keberadaan posko informasi dan pelayanan selama pemadaman terjadi.

Upaya PLN mengatasi pemadaman yang terjadi di Pulau Nias, terus dilakukan dengan mendatangkan genset dari sejumlah wilayah.

Di antaranya dari Langsa, Aceh, sebanyak 23 kontainer yang membawa mesin genset berukuran besar dengan kapasitas total 12 Mega Watt (MW)  telah diberangkatkan. 23 kontainer yang tiba di Sibolga akan diseberangkan ke Pulau Nias melalui jalur laut.

"Kami prediksi akan tiba di Sibolga pada Kamis malam atau Jumat dini hari, dan akan segera diseberangkan menuju Pulau Nias, namun karena mesin berukuran besar, tentu saja membutuhkan waktu untuk proses loading barang. Kami harapkan pada Sabtu siang keseluruhan genset sudah tiba Di Nias," ujar dia Agung.

Agung menambahkan ketika tiba di Nias, mesin akan di operasikan secara bertahap. Untuk mengoperasikannya butuh waktu empat hari dengan kapasitas 5 MW dalam tahap 1. Hal itu karena  sebagian lahan untuk mesin diperlukan persiapan. Selain itu juga membutuhkan waktu untuk proses instalasi, pengetesan dan  pengoperasian untuk masuk kedalam sistem kelistrikan yang telah ada.

Mobilisasi genset juga dikerahkan dari sejumlah daerah lainnya diantaranya dari PLN Area Medan dan PLN Area Padang yang diperkirakan akan tiba di Sibolga pada pukul 20.00 WIB malam ini.
Bantuan genset untuk Nias juga didatangkan dari Pekanbaru, Riau yang saat ini tengah menyiapkan 3,8 MW genset untuk segera diterbangkan menuju Nias.‎

Sedangkan ‎pengiriman genset dari Jakarta sebesar 2,4 MW diprediksi akan sampai Nias pada esok hari.

"Kendala utama memang keterbatasan akses transportasi menuju ke Pulau Nias dan jarak yang harus ditempuh, namun kami berupaya secepat mungkin untuk bisa mengerahkan genset guna mengatasi pemadaman," ujar Agung.

Sebelumnya PLN juga telah mendatangkan 10 genset ke Nias yang diambil dari seluruh Area di Wilayah Sumut di antaranya dari Sibolga 6x50 kVa, Binjai 3x100 kVA, Pematang Siantar 1x100 kVA, Padang Sidimpuan 2x100 kVA + 50 kVA, Medan 1x100 kVA, Lubuk Pakam 1x100 kVA, Rantau Prapat 1x100 kVA.

Sebanyak 10 genset dengan total kapasitas 650 kVA tersebut  telah tiba di Nias. Genset itu berhasil terpasang, genset gelombang II sebanyak tujuh genset dengan total kapasitas 600 kVA juga telah berhasil dimanfaatkan. (Pew/Ahm)





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini