Sukses

Rizal Ramli Bakal Bagikan 3.500 Kapal Canggih Buat Nelayan

Pemberian ribuan kapal tersebut bertujuan meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Tanah Air.

Liputan6.com, Banyuwangi - Pemerintah bakal memberikan bantuan 3.500 kapal kepada para nelayan di seluruh Indonesia. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menuturkan, pemberian ribuan kapal tersebut bertujuan meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Tanah Air.

"Pemerintah sudah pesan 3.500 kapal untuk dibagikan ke nelayan," kata Rizal saat berkunjung ke Pelabuhan Muncar, Banyuwangi, Sabtu (4/9/2016).

Rizal menuturkan kapal yang dibagikan ke nelayan tersebut bukanlah kapal kayu biasa. Tapi kapal yang terbuat dari fiberglass yang merupakan tipe kapal cepat.

 


"Kapalnya kapal fiber, nelayan harus dididik agar bisa pakai kapal fiber karena biasa pakai kapal kayu," ungkap dia.

Dia menjelaskan, nantinya kapal ini tidak akan dibagikan secara perseorangan namun disalurkan melalui koperasi. Bagi koperasi yang berminat, lanjut Rizal, bisa langsung mendaftar ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Satu koperasi minimal anggotanya 20 orang nelayan," ucap dia.

Pemberian kapal ini hanyalah salah satu dari sejumlah kebijakan yang dibuat pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan 16 juta nelayan dan keluarganya.

Rizal menyebutkan, pemerintah melalui KKP akan memberikan bantuan berupa alat tangkap ikan untuk nelayan.

Tak hanya itu, pemerintah juga berencana membuka beberapa pelabuhan agar ikan hasil tangkapan nelayan bisa langsung diekspor. Diharapkan hal ini bisa mendongkrak harga ikan dan membantu nelayan memasarkan ikan hasil tangkapannya.

"Selama ini hanya ada beberapa pelabuhan yang boleh ekspor ikan ke luar negeri. Kami sudah bahas, kami akan buka beberapa pelabuhan lagi," jelas Rizal. (Dirsa Prakoso/Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.