Sukses

5 Orang Ini Perlu Anda Ajak Bicara soal Masalah Keuangan

Anda perlu membicarakan masalah keuangan dengan kerabat yang memahami kebiasaan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah keuangan paling umum terjadi dalam masyarakat. Sangat sulit untuk mengatur pengeluaran karena banyak sekali hal yang terkadang kita inginkan.

Untuk mengatasinya, salah satu cara dengan membicarakan masalah tersebut dengan kerabat Anda.

Tentunya membicarakan masalah ini sangat sulit. Membicarakan masalah keuangan tidak dilakukan untuk mencari pinjaman saja, namun juga mendapatkan saran-saran dari orang yang mengerti kebiasaan Anda. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda untuk dikritik habis-habisan.

Melansir dari huffingtonpost.com, Rabu (13/4/2016) Anda sebaiknya membicarakan mengenai masalah finansial Anda dengan 5 orang ini.

1. Pasangan Anda

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meminta maaf dengan baik dalam sebuah hubungan asmara.

Jika Anda tinggal dengan seseorang, maka kemungkinan besar Anda juga akan berbagi pembiayaan dengannya.

Anda perlu membicarakan masalah jangka panjang dengannya, entah itu keinginan berinvestasi dan asuransi. Semakin dini melakukan pembicaraan, maka semakin jelas tujuan seorang pasangan. Mereka akan mengurangi segala risiko keuangan yang mungkin terjadi di masa depan.

2. Sahabat Anda

Tempat Baru, Teman Baru

Wajar bila Anda memiliki sahabat yang memiliki karier yang berbeda dengan Anda. Dengan gaya hidup dan gaji berbeda, Anda bisa saling berbagi mengenai cara mengelola keuangan. Anda dengan sahabat Anda bisa saling bercermin dengan gaya hidup satu sama lain.

3. Atasan Anda

Anda harus dibayar dengan gaji yang pantas sesuai dengan pekerjaan Anda. Bila Anda merasa sudah melakukan hal yang lebih baik dibandingkan karyawan baru, namun gaji Anda tetap sama dengan mereka, maka ada baiknya untuk membicarakan hal tersebut. Dengan begitu, atasan Anda bisa mempertimbangkan untuk menaikkan gaji Anda sesuai dengan pengalaman Anda.

4. Orangtua Anda

Orangtua yang tidak malu bahas masalah seks, membantu anak-anak mereka terhindar dari hubungan seks berisiko di kemudian hari.

Orangtua adalah pihak yang paling mendukung anda dalam hal apapun. Mereka bisa menjadi mentor yang baik, dan mengerti seluk beluk kebiasaan Anda.

Ada baiknya Anda meminta saran dari mereka untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi. Mereka mungkin punya saran mengenai benda-benda yang harus atau tidak harus Anda beli.

5. Penasehat keuangan Anda

Memberikan respon yang benar kepada bos Anda yang mudah marah akan membuat suasana kerja nyaman

Menyewa penasehat keuangan tentu memerlukan biaya tambahan dan kemungkinan besar Anda akan menghindarinya.

Namun perlu Anda pertimbangkan seorang penasihat keuangan dapat memandu Anda melalui keputusan hidup seperti membeli mobil atau rumah. Mereka juga membantu mencapai tujuan Anda dalam beberapa tahun ke depan. (Shabrina Aulia Rahmah/Ahm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.