Sukses

WTO: Reformasi Ekonomi RI Dapat Jadi Contoh

Mendag Thomas Lembong menyatakan pertemuan dengan Dirjen WTO Robert Azevedo juga membahas perkembangan sistem perdagangan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Dirjen World Trade Organization/WTO Roberto Azevedo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Dalam kesempatan itu Azevedo memuji deregulasi di Indonesia. Kebijakan itu pun patut dicontoh negara-negara lain.

"Roberto Azevedo menyampaikan apresiasinya kepada Pak Presiden atas agenda reformasi ekonomi. Boleh dibilang bahwa banyak negara di seluruh dunia sekarang melihat Indonesia dan bahkan bisa mencontoh reformasi perekonomian yang diterapkan oleh Pak Presiden Indonesia," kata Menteri Perdagangan Thomas Lembong.

Saat menerima Azevedo, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir. Dalam pertemuan itu berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB.

 

Lembong menjelaskan Azevedo membahas terkait perkembangan sistem perdagangan dunia, hasil Ministerial Conference di Nairobi tahun lalu. Ia juga berterima kasih atas kemauan Indonesia menjadi tuan rumah  KTT WTO yang diselenggarakan tiga tahun lalu.

Indonesia, lanjut Lembong, berada di posisi yang istimewa dan strategis sebagai anggota WTO. Dari total 170 anggota organisasi tersebut, Indonesia menjadi wilayah dengan sistem perdagangan yang baik.

"Beliau juga menyampaikan kepada Bapak Presiden apresiasi atas peranan Indonesia yg sangat konstruktif, sangat positif di WTO, antara lain tiga tahun yang lalu di Bali itu ada KTT WTO. Itu keberhasilannya luar biasa," tutur Lembong. (Silvanus A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini