Sukses

Hati-hati, Ini 6 Tanda Anda Akan Dipecat

Pegawai yang tidak mampu mengikuti perubahan seringkali akan tertinggal. Ini akhirnya yang berdampak buruk bagi keberlangsungan karirnya.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan karir tidak selamanya mulus. Terkadang, Anda harus mampu untuk mengikuti perkembangan zaman. Pegawai yang tidak mampu mengikuti perubahan ini akan tertinggal. Itulah mengapa mereka akhirnya harus menghadapi keputusan sulit dari perusahaan seperti pemutusan hubungan kerja.

Meski begitu, sebagian besar perusahaan tidak akan memecat karyawannya secara tiba-tiba. Namun hal itu mungkin saja terjadi apabila sang pegawai telah berbuat fatal.

 

Berikut empat pertanda Anda bakal dipecat seperti dikutip dari Business Insider, Senin (13/4/2016):

1. Evaluasi pekerjaan Anda buruk

Cara terbaik bagi pengusaha untuk mendokumentasikan kinerja karyawan adalah dengan melakukan ulasan atas pekerjaan yang dilakukan.

Sayangnya, beberapa evaluasi tidak begitu menguntungkan, terutama ketika kinerja Anda dalam pertanyaan. Sebuah evaluasi buruk adalah salah satu tanda paling pasti bahwa Anda akan segera dipecat

2. Berbuat kesalahan fatal

Berbuat kesalahan adalah hal lazim dalam dunia kerja. Namun, ada beberapa kesalahan yang berakibat Anda dipecat. Misalnya, mencuri atau membagi informasi rahasia perusahaan kepada kompetitor.

3. Hubungan dengan atasan memburuk

Ini merupakan tanda yang paling umum bahwa Anda akan dipecat segera. Anda dapat mengetahui apakah posisi Anda dalam bahaya jika bos tampak angkuh atau tidak ramah karena sebenarnya dia tengah mencari waktu yang tepat untuk memecat Anda.

Beberapa bos bahkan dapat memecat karyawannya tanpa berpikir dua kali jika hubungan kian memburuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Dijauhi teman sekantor

Teman tak jarang menjadi lawan di kantor. Banyak yang bertingkah seperti anak kecil dan menghindari temannya sendiri. Jika Anda merasa manajemen dan teman sekantor semakin jarang berkomunikasi dengan Anda, maka itu merupakan salah satu ancaman bagi karir pribadi.

5. Jarang ditegur meski membuat kesalahan

Melakukan kesalahan di kantor seharusnya mengundang berbagai teguran. Sayangnya, atasan Anda tak akan melakukan hal tersebut karena sudah berencana untuk menghentikan karir Anda.

6. Perusahaan merekrut karyawan baru dengan keahilan yang sama

Perusahaan tempat Anda bekerja tentu tak mau membuang-buang uang dan waktu begitu saja. Untuk menanggulangi permasalah ini, manajemen pun akan mempekerjakan orang-orang terpilih dan berketerampilan guna menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Sayangnya, Anda harus peka akan hal ini. Jika perusahaan menerima orang baru dengan keahlian yang sama, bersiaplah, posisi Anda terancam digeser. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini