Sukses

4 Tips Atur Uang untuk Kuliah Sambil Bekerja

Pengendalian tepat dalam keuangan dapat membantu mencukupi pengeluaran sehingga dapat disisihkan untuk tabungan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lulus sarjana, tak sedikit dari kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mengejar karier dengan melanjutkan pendidikan pascasarjana memang disarankan.

Akan tetapi, hal ini membutuhkan kepintaran dalam mengatur keuangan dan waktu supaya hal tersebut dapat terwujud secara seimbang.

Bukan perkara mudah memang ketika seseorang dituntut untuk menjadi mahasiswa sekaligus karyawan. Anda diharapkan dapat bersikap bijaksana dan mandiri dalam mengatur keuangan pribadi.

Akan lebih beruntung rasanya apabila mendapat beasiswa dari suatu kantor atau instansi sehingga dapat lebih mudah dalam mengendalikan biaya.


Sangat penting untuk mengelola anggaran keuangan dengan cermat terutama jika mengandalkan gaji dalam karier Anda. Pengendalian yang tepat dalam keuangan dapat membantu mencukupi pengeluaran bulanan serta dapat disisihkan untuk tabungan.

Besarnya pendapatan yang diterima antara orang yang satu dengan lainnya tentu berbeda. Namun, hal yang paling penting yaitu bagaimana mengatur keuangan yang dilakukan agar pengeluaran menjadi lebih efisien, bukan pada seberapa tinggi pendapatan yang diterima.

Ada empat strategi dalam pengelolaan keuangan yang dapat diterapkan bagi karyawan sekaligus mahasiswa, berikut penjelasannya seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (18/4/2016):  

1. Anggaran Terencana

Pengeluaran untuk biaya kuliah dan transportasi merupakan masalah utama bagi seorang mahasiswa. Ditambah lagi, biaya tempat tinggal bagi Anda yang memilih menetap di asrama atau kos-kosan juga membuat anda harus berpikir dua kali lipat untuk masalah pengeluaran.

Untuk menghindari terjadinya pembengkakan pengeluaran, cara yang efisien dilakukan adalah dengan membuat skala prioritas atau rancangan biaya yang akan dikeluarkan terlebih dahulu.

Aturlah pengeluaran dengan mengurutkan dari yang paling banyak memakan biaya, serta rancang perkiraan biaya tiap semesternya. Anggaran yang terencana dapat membuat Anda lebih jeli dalam mengelola keuangan.

2. Catatan Harian Pengeluaran

Penting halnya untuk membuat catatan pengeluaran bulanan, mencatat berapa pengeluaran yang dihabiskan setiap harinya, seperti biaya makan dan keperluan harian lainnya.

Ada benarnya jika anda membagi pengeluaran anda dalam beberapa kelompok seperti pengeluaran untuk sandang, pangan, hiburan, transportasi, dan lain sebagainya.

Pastikan pengeluaran untuk masing-masing kelompok kategori masuk dalam perkiraan pengeluaran bulanan dan akumulasikan pengeluaran yang terjadi dalam waktu sebulan misalnya. Cara ini adalah cara mudah untuk menghindari pengeluaran berlebih terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin Atur Keuangan

3. Jumlah Pemasukan

Pemasukan atau pendapatan merupakan salah satu aspek penting dalam membantu biaya pendidikan. Pendapatan merupakan sumber dana yang digunakan untuk membayar biaya pendidikan.

Membuka usaha kecil-kecilan yang mudah dan tidak menguras waktu dapat membantu untuk menambah penghasilan selain dari penghasilan bulanan yang anda peroleh.

Hal ini demi kebaikan kondisi keuangan Anda. Bisa juga mencari informasi tentang beasiswa dimana anda belajar karena beasiswa sendiri memiliki banyak keuntungan dimana selain memberikan uang kuliah, beasiswa biasanya memberikan tempat gratis.

4. Tidak Melanggar Anggaran yang Dibuat

Mematuhi anggaran yang sudah dibuat menjadi hal penting dalam pengendalian keuangan. Berusahalah untuk selalu menaati daftar anggaran yang dibuat per bulan. Hal ini membantu mengurangi terjadinya ledakan pengeluaran.

Dengan membuat rancangan anggaran pengeluaran, seseorang juga dapat menyisihkan sebagian dari pemasukan untuk tabungan. Di samping itu, membuat buku rekening yang terpisah untuk biaya bulanan juga sangat membantu.

Rekening bulanan ini berfungsi untuk menyadarkan apakah pengeluaran masih di bawah kontrol atau sudah berangan-angan. Lakukan pembagian atau transfer dari rekening untuk gaji ke rekening pengeluaran harian, hal itu dapat membantu mengontrol pengeluaran. Belanja hal yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.  

Kendalikan Keuangan Anda Dengan Baik

Sebagai karyawan yang juga ingin melanjutkan karier pendidikan, ketepatan mengendalikan keuangan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Banyak hal yang menjadi permasalahan ketika berada di posisi sebagai karyawan dan pelajar sekaligus, terutama masalah keuangan.

Biaya transportasi, makan, bahkan tempat tinggal menjadi masalah dasar yang sering dihadapi. Untuk mengatasinya, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk pengelolaan keuangan yang sumber utamanya adalah dari pendapatan sebagai karyawan. Pemasukan harus diimbangi dengan pengeluaran agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran. (Ahm/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini