Sukses

Perusahaan Ini Dapat Tampung Dana Hasil Pengampunan Pajak

OJK akan terbitkan aturan pendirian perusahaan modal ventura skala mikro dengan modal hanya Rp 1 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty diprediksi dapat menarik dana maupun aset orang-orang Indonesia yang selama ini tersimpan di negara-negara surga pajak.

Pemerintah maupun lembaga keuangan lagi harus menyiapkan berbagai instrumen guna menampung derasnya modal tersebut.

Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank II Dumoly Freddy Pardede mengungkapkan, program pengampunan pajak pemerintah bakal meraih sukses apabila perusahaan modal ventura atau ventura kapital memperoleh insentif pajak.

"Perusahaan modal ventura ini dapat membentuk ventura fund yang gunanya menampung dana yang disedot dari global. Salah satu sumber uangnya bisa dari repatriasi modal peserta yang ikut tax amnesty," ujar dia saat ditemui di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Modal ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal maupun bantuan teknis yang diperlukan calon pengusaha maupun usaha yang sudah berjalan. Perusahaan modal ventura banyak menyalurkan pendanaan kepada perusahaan start up.

"Kalau Malaysia, Singapura, Hong Kong bisa memberikan pajak buat perusahaan modal ventura 1 persen, di Indonesia juga 1 persen, bahkan nol persen, saya pastikan tax amnesty sukses," ujar Dumoli.

Ia mengatakan, ribuan triliun rupiah hasil repatriasi modal dalam program tax amnesty akan masuk melalui ventura fund yang dikelola perusahaan ventura kapital. Kemudian dana tersebut mengalir ke perusahaan start up supaya bisnis baru ini tumbuh berkembang.

"Tidak ada lagi sektor di Indonesia yang bisa menampung dana itu, apakah itu ke proyek infrastruktur yang selalu terkendala lahan, maupun  portofolio saham, reksa dana, obligasi di pasar modal yang dananya bisa cepat keluar. Jadi solusi terbaiknya lewat ventura fund," kata dia.

Dumoli menilai, ventura kapital melalui ventura fund dapat digunakan sebagai instrumen merebut dana-dana di dunia ini untuk masuk ke Indonesia.

Setelah perusahaan start up maju, dan mandiri karena dana dari perusahaan modal ventura, pemerintah akan meraup penerimaan pajak yang cukup besar dari saat ini.

"Kalau modal ventura lokal tidak diberikan insentif pajak, saya bisa pastikan penerimaan pajak dari perusahaan itu hanya Rp 5 miliar-Rp 10 miliar. Tapi kalau diberikan insentif, akan sangat besar potensinya," jelas Dumoli.

Oleh sebab itu, Dumoli mengaku, OJK akan segera menerbitkan aturan pendirian perusahaan modal ventura skala mikro dengan modal hanya Rp 1 miliar. Sebelumnya dalam ketentuan, syarat modal pembentukan ventura kapital sebesar Rp 50 miliar.

"Kita akan segera keluarkan POJK mikro Rp 1 miliar. Modalnya sangat cukup, di mana perusahaan ventura kapital sudah bisa membentuk ventura fund dan mengelola PKBL. Kita sudah menyampaikan ini kepada Kementerian BUMN," tutur dia.

Hanya saja, ia meminta kepada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan untuk mendukung aturan OJK tersebut dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat kecil. "Kalau aturan ini diikuti dengan keberhasilan program financial inclusion, Laku Pandai, dan lainnya, saya yakin Indonesia akan sukses di 2017," kata Dumoli. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Tax Amnesty disebut pula pengampunan pajak.

    Tax Amnesty

Video Terkini