Sukses

Tips Memenangkan Persaingan Kerja Ala Dino Patti Djalal

Salah satunya anak muda Indonesia harus lebih terbuka terhadap segala hal.

Liputan6.com, Jakarta - Di era globalisasi seperti sekarang, tenaga kerja Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan dan persaingan yang datang bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga dari tenaga kerja asing?. Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Dino Patti Djalal berbagi tips cara memenangkan persaingan di dunia kerja.

Pertama, anak muda Indonesia harus lebih terbuka terhadap segala hal. Termasuk pada pendidikan teknologi. Sebab, semakin banyak pendidikan dan teknologi yang bisa dipelajari, maka semakin banyak hal yang bisa dijadikan senjata dalam menghadapi persaingan tenaga kerja.

"Pertama kita harus open minded," ujar dia dalam Supermentor 11 dengan tema Can You Win in The Coming Jobs War di Djakarta Theater Building, Sabtu (23/4/2016).


Kedua, lanjut Dino, anak muda Indonesia harus tahu apa yang dibutuhkan pasar tenaga kerja di negara tempatnya mencari pekerjaan.

Dengan demikian, akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan sesuai kebutuhan pasar. "Pelajari apa yang dibutuhkan pasar saat ini," kata dia.

Dan ketiga, anak muda Indonesia harus mulai meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang harus membuang waktu tanpa menghasilkan sesuatu yang positif. Menurut Dino, persiapan untuk menjadi pemenang di arena lapangan kerja bukan dimulai setelah lulus kuliah, melainkan sejak memulai tahap pendidikan.

"Jangan habiskan budaya remaja yang habiskan waktu, nongkrong, SKS (sistem kebut semalam), petantang-petenteng. Persiapan untuk menjadi unggul bukan setelah wisuda tetapi jauh sebelum itu. Hal-hala seperti ini harus ditempa di bangku kuliah," dia menjelaskan. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.