Sukses

Universitas Pertamina Resmi Saring 1.300 Calon Mahasiswa

Universitas Pertamina resmi menyelenggarakan Ujian Saringan Masuk (USM) untuk angkatan pertama pada hari ini, Minggu (24/4/2016)

Liputan6.com, Jakarta Universitas Pertamina resmi menyelenggarakan Ujian Saringan Masuk (USM) untuk angkatan pertama pada hari ini, Minggu (24/4/2016), di Kantor Pusat Pertamina. Seleksi ini diikuti oleh 1.300 peserta dengan target penerimaan mahasiswa sebanyak 1.000 orang.

‎Dalam seleksi angkatan pertama ini, Universitas Pertamina akan memberikan pembebasan biaya sumbangan pengembangan institusi kepada 20 persen peserta dengan nilai tes terbaik. Biaya pengembangan institusi yang dibebankan bagi mahasiswa sendiri sebesar Rp 10 juta.

"Target jumlah mahasiswa program sarjana yang akan diterima di Universitas Pertamina sekitar 1.000 orang atau rata-rata sekitar 60 orang mahasiswa per program studi," kata Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka, Jakarta, Minggu (24/4/2016).

Dia mengatakan, dalam USM peserta mesti mengikuti Tes Potensi Intelektual Umum (TPIU) yang diselenggarakan oleh Overseas Training Office Badan Pendidikan Nasional (OTO Bappenas). Tes tersebut dirancang untuk mengungkapkan potensi intelektual yang mendasari kelaikan seseorang untuk mengikuti program sarjana.

"Kami sangat senang melihat antusiasme para calon mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pertamina," tambah dia.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Sutjipto meminta peserta untuk menunjukkan performaterbaiknya dalam mengikuti ujian. ‎Dia berharap nantinya mahasiswa lulusan Universitas Pertamina berkontribusi lebih pada masyarakat.

"Kami berharap bahwa bahwa lulusan Universitas Pertamina dapat menciptakan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat, negara, bangsa dan peradaban," tandas dia. (Amd/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.