Sukses

9 Hal di Luar Nalar yang Bisa Bikin Anda Sukses

Anda akan terkejut menyadari betapa banyaknya hal biasa yang justru dapat mengantarkan ke gerbang kesuksesan.

Liputan6.com, Jakarta - Tentu saja, hampir semua orang menganggap latar belakang pendidikan dan keahlian khusus sebagai yang terpenting dalam meraih kesuksesan. Faktanya, Anda akan terkejut menyadari betapa banyaknya hal yang justru dapat mengantarkan ke gerbang kesuksesan.

Melansir laman Business Insider, Selasa (26/4/2016), bahkan bulan kelahiran Anda bisa turut menentukan kesuksesan di masa depan. Beberapa penelitian turut membuktikan hal tersebut.

Beberapa faktor penentu kesuksesan mungkin memang datang dari diri sendiri. Tapi siapa sangka, terdapat beberapa faktor pencapaian kesuksesan yang berada di luar jangkauan dan nalar.

Berikut 9 hal mengejutkan yang dapat membuat Anda cepat sukses:

1. Bulan lahir

Banyak penelitian mencermati sebuah koneksi yang disebut dengan pengaruh usia secara relatif, pengaruh tanggal lahir, atau bulan lahir.

Prinsip dasarnya mengapa bulan lahir dapat menentukan kesuksesan adalah adanya perbedaan usia dalam memulai pendidikan di sekolah atau bergabung dengan klub olahraga.

Perbedaan usia dalam hitungan bulan saja dapat mempengaruhi kecerdasan intelektual, emosional dan kekuatan fisik seorang anak. Anda bisa saja lebih unggul atau justru tertinggal dibandingkan teman yang lahirnya berbeda bulan.

2. Urutan kelahiran di keluarga

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, anak-anak sulung cenderung lebih ambisius dan kompetitif serta cerdas secara akademis. Sementara anak yang lahir berikutnya cenderung kreatif dan bersifat menghibur dalam keluarga.

Sebaliknya, anak bungsu menunjukkan karakter yang sering kurang puas dengan pekerjaannya dibandingkan yang lain.

3. Nilai matematika di SMA

Jika Anda berpikir untuk meninggalkan kelas matematika di SMA, lupakan gagasan tersebut. Pasalnya, penelitian terbaru menunjukkan, prestasi matematika di SMA memiliki hubungan yang kuat dengan gaji di masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal Lain

4. Tidur teratur

Kurang tidur ternyata dapat membuat Anda menderita kerugian besar. Sebab Anda tak akan fokus saat menerima pengetahuan penting di sekolah yang berdampak negatif saat bekerja nanti.

Para siswa yang kurang tidur saat masih berada di sekolah menengah cenderung gagal dalam pekerjaan atau bisnisnya. Tapi tentu saja, kaitannya tidak permanen, selalu ada faktor lain yang juga dapat ikut mempengaruhi.

5. Datang pagi ke kantor

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa para atasan menyukai karyawan yang datang pagi ke kantor. Datang lebih awal menandakan Anda menunjukkan kinerja yang baik dan bekerja secara profesional pada perusahaan.

6. Tubuh tinggi

Tubuh tinggi ternyata dapat membuat Anda dianggap lebih kompeten dalam bekerja dan memudahkan mendapat gaji lebih besar. Pegawai dengan tubuh pendek atau tinggi rata-rata ternyata dapat dipandang kurang piawai dalam bekerja.

3 dari 3 halaman

Fakta Lain

7. Berparas rupawan

Banyak orang berparas rupawan dan menarik menikmati kesuksesan karir yang lebih besar. Rata-rata, orang yang tampan atau cantik lebih mudah mendapatkan gaji tinggi atau naik jabatan dibandingkan mereka yang kurang menarik.

Kondisi ini dipengaruhi 'Hello Effect', fenomena di mana kebanyakan orang berasumsi bahwa mereka yang berparas rupawan memiliki kemampuan hebat.

8. Senang bercanda

Selera humor yang baik juga mampu mempermudah jalan kesuksesan. Candaan yang dilontarkan pada waktu yang tepat dapat menjadi jalur cepat menuju kesuksesan. Anda dapat membangun hubungan kerja yang baik dengan rekan di kantor dan para atasan.

Menurut sebuah penelitian, para pegawai yang ramah dan senang bercanda jauh lebih produktif dibandingkan mereka yang tidak.

9. Nama panggilan

Siapa sangka, nama panggilan dapat meningkatkan gaji di kantor. Percaya atau tidak, orang-orang yang memiliki nama panggilan lebih singkat cenderung menghasilkan uang lebih banyak.

Kondisi itu dibuktikan dalam sebuah analisa yang melibatkan enam juta nama di sebuah situs karir. Contohnya, pegawai yang dipanggil dengan nama Sam memiliki gaji lebih besar dibandingkan, pegawai yang tetap memilih dipanggil dengan nama panjang Samantha.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini