Sukses

AP II Gelontorkan Rp 119 Miliar untuk Percantik Bandara Silangit

Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara akan dipercantik dan diperbesar.

Liputan6.com, Tapanuli - Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara akan dipercantik dan diperbesar. Operator bandara ini, PT Angkasa Pura II menggelontorkan dana Rp 119 miliar untuk membenahi bandara ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi menuturkan, pembenahan akan dilakukan dari sisi udara (air side) juga sisi darat. Di sisi udara, perseroan bakal melakukan penebalan, pelebaran dan perpanjangan runway.

"Yang signifikan adalah untuk runway. Sekarang tender, sekitar 1,5 bulan lagi mulai," tutur Budi Karya seperti ditulis Rabu (27/4/2016).

Runway bandara ini, lanjut Budi, akan diperpanjang menjadi 2.600 meter dari panjang saat ini 2.450 meter. Kemudian akan diperlebar hingga 45 meter dari lebar saat ini 35 meter, dan dipertebal (overlay) dari 20 centimeter menjadi 45 centimeter.

Dengan begitu, bandara yang menjadi akses ke destinasi wisata Danau Toba ini bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737-800. "Nilai investasi sekitar Rp 100 miliar," tutur Budi.

Kemudian di sisi darat, perseroan juga akan mempercantik terminal menjadi lebih modern. Budi mengatakan beberapa pekerjaan yang bakal dilakukan adalah mendandani dan memperluas interior terminal.
Bandara Silangit,  Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (Foto: Zulfi Suhendra/Liputan6.com)
"Kami harapkan dalam waktu 6 bulan akan selesai. Kapasitas jadi bertambah hingga 500 ribu, dari posisi sekarang 24 ribu," katanya.

Pekerjaan yang memakan dana internal perusahaan hingga Rp 19 miliar tersebut, kata Budi, seluruhnya akan dikerjakan oleh putra daerah Tapanuli Utara.
Bandara Silangit,  Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (Foto: Zulfi Suhendra/Liputan6.com)
Saat ini, sudah ada 2 maskapai yang mendarat di Bandara Silangit dari Jakarta. Kedua maskapai tersebut adalah Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air. Diharapkan ke depannya akan semakin banyak maskapai lain yang mengikuti jejak Garuda dan Sriwijaya Air. (Zul/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini