Sukses

Pemerintah Lelang Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek pada Mei 2016

Pembangunan jalan tol layang Jakarta-Cikampek sangat penting untuk menghadapi kemacetan parah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera melelang jalan tol layang (elevated) rute Jakarta-Cikampek. Harapannya lelang bisa dimulai pada Mei 2016 guna mengurai kemacetan parah di sekitar ruas tol tersebut.

Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono usai Penandatanganan Perjanjian Penjaminan Jalan Tol Batang-Semarang di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

"Yang mau dilelang itu jalan tol Serang-Panimbang. Tapi saya prioritaskan elevated Jakarta-Cikampek," ujar Basuki.

Pemerintah menargetkan membuka proses lelang jalan tol layang Jakarta-Cikampek pada Mei 2016. Saat ini, PT Jasa Marga Tbk ditunjuk sebagai pemrakarsa jalan layang tersebut.

"Mudah-mudahan Mei ini lelangnya. Nanti akan dibikin prakarsanya oleh Jasa Marga, makanya saya kejar-kejar terus," ujar Basuki.

Lelang jalan tol layang Jakarta-Cikampek, sambungnya, sangat krusial mengingat di jalan bebas hambatan ini kerap mengalami kemacetan parah karena serbuan kendaraan.

"Sekarang sudah macet kayak begitu dari Karawang Barat sampai Jati Asih," tutur Basuki. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini