Sukses

Keputusan The Fed Bikin Bursa Asia Menguat

Dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan pada Rabu, The Fed mempertahankan suku bunga acuannya tidak berubah.

Liputan6.com, Tokyo - Bursa Asia menguat setelah Bank Sentral Amerika Serikat (AS) memberikan beberapa petunjuk tentang prospek kebijakan moneter negaranya. Sementara dolar menguat dipicu investor yang tengah menunggu keputusan kebijakan Bank of Jepang.

Melansir laman Reuters, Kamis (28/4/2016), indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,3 persen. Sementara indeks Nikkei Jepang melonjak 1,1 persen.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan pada Rabu, The Fed mempertahankan suku bunga tidak berubah. Namun bank sentral ini tetap membuka pintu tentang kenaikan pada bulan Juni.


Investor juga sedang menanti keputusan pertemuan Bank Sentral Jepang terkait kebijakan moneter negara ini yang keluar pada Kamis sore ini. Sejumlah analis mengharapkan ada stimulus lanjutan dari pertemuan tersebut.

Pembuat kebijakan cenderung ragu-ragu untuk mengambil langkah lebih lanjut, setelah kebijakan suku bunga dibuka negatif pada Januari. Meskipun yen menguat dan ekspektasi inflasi turun bisa mendorong lembaga ini membuat kemudahan kebijakan lanjutan.

Data yang dikeluarkan menunjukkan indeks harga konsumen inti Jepang turun 0,3 persen dari periode tahun lalu, dibandingkan dengan estimasi median ekonom yang naik 0,2 persen.

Data terpisah menunjukkan output industri naik lebih dari harapan dan permintaan tenaga kerja melonjak ke posisi tertinggi dalam dua dekade. Namun kekhawatiran tentang konsumsi swasta yang melemah cenderung mempengaruhi optimisme tentang ekonomi.

"USD/JPY kemungkinan turun tajam jika tidak ada perubahan kebijakan," ujar Sean Callow, Ahli Strategi Mata Uang di Westpac di Sydney.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.