Sukses

Punya Kemampuan Ini Bisa Bikin Sekaya Warren Buffett

Kesuksesan Warren Buffett di dunia bisnis ternyata tidak lepas dari kepiawaiannya dalam berinvestasi.

Liputan6.com, Jakarta - Warren Buffett dikenal sebagai seorang miliarder sukses dunia. Selain mampu menjadi bos di salah satu perusahaan bonafit, pria satu ini juga dikenal sebagai seorang investor ulung.

Kesuksesan Warren Buffett di dunia bisnis ternyata tidak lepas dari kepiawaiannya dalam berinvestasi. Melansir laman Marketwatch.com, Jumat (29/4/2016), penulis Jeremy C Miller menilai, satu kunci kesuksesan investasi Warren Buffett berinvestasi yaitu dalam membuat bunga berganda atau compound interest.

Warren Buffett telah terus menerus melakukan hal ini selama perjalanan kariernya. Hal ini pulalah yang akhirnya mampu menjadikan dirinya sebagai seorang miliarder. Ia telah belajar bagaimana mengendalikan bunga berganda selama lebih dari enam dekade.

Selain mengajarkan trik-trik khusus tentang cara berinvestasi, Buffett juga senang untuk menulis surat yang bercerita tentang cara-cara investasi yang baik. Ia mengemas surat tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami. Buffett memulai menulis surat tersebut pada rekan kerjanya pada tahun 1963.

 

Salah satu cerita analogi yang ia tulis adalah tentang keputusan Ratu Isabella yang membiayai perjalanan Christopher Colombus. Ia menilai Ratu Isabella tersebut telah berinvestasi dengan sangat baik. Menurut Buffett, berkat adanya bunga berganda, investasi Ratu Isabella tersebut bisa bernilai lebih dari US$ 7 triliun saat ini akibat adanya bunga berganda.

Hal ini dilakukan Warren Buffett untuk agar rekan kerjanya lebih mengerti tentang kehebatan dari bunga berganda. Seorang investor ulung merupakan mereka yang mampu memanfaatkan kelebihan dari bunga berganda tersebut.

Daftar orang terkaya yang dikeluarkan Forbes menempatkan Warren Buffett sebagai orang terkaya nomor tiga di dunia. Ia mampu memiliki kekayaan hingga US$ 68,5 miliar atau sekitar Rp 901,3 triliun (dengan asumsi US$ 1 di kisaran Rp 13.153). (Vna/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.