Sukses

Demi Minum Teh Ini, Orang Kaya Rela Rogoh Kocek Rp 132 Juta

China miliki teh mahal yang keberadaannya lebih istimewa dibandingkan botol anggur langka.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa pun bisa membuat teh dengan mudah. Biasanya teh menjadi minuman untuk relaksasi, sehingga harganya sangat terjangkau bagi kalangan menengah atas maupun bawah.

Namun, minuman ini bisa menjadi barang yang mewah. Melansir nypost.com, Kamis (12/5/2016), BBC Travel menemukan sebuah teh di Tiongkok dengan harga yang mahal. Saking mahalnya, keberadaan teh ini lebih istimewa jika dibandingkan dengan sampanye terbaik atau edisi langka sebotol anggur.

Untuk bisa menikmati satu teko teh dengan nama Da Hong Pao ini, Anda harus merogoh kocek US$ 10 ribu atau setara Rp 132,85 juta (estimasi kurs Rp 13.285 per dolar AS). Bahkan menurut BBC, teh tersebut dinobatkan sebagai salah satu teh yang paling mahal di dunia.

Daun teh mewah ini begitu eksklusif, sehingga para kolektor teh kaya raya menggunakan broker untuk mendapatkannya. Pada abad ke-19, Inggris begitu terobsesi dengan Da Hong Pao sampai mereka mencuri bijinya dan mencoba menanamnya di India, tapi tidak berhasil.

"Padahal minuman ini tampak cocok untuk pengemis, tapi dihargai untuk seorang kaisar bahkan memiliki jantung Buddha," ujar pembuat teh, Xiao Hui.

Minuman ini begitu mahal karena daunnya berasal dari satu kelompok pohon utama yang hampir punah dari Kota China, Wuyishan. Beberapa pohon-pohon ini masih berdiri, tapi tidak akan pernah menumbuhkan teh lagi.

Panen terakhir sekelompok semak-semak kuno ini dilakukan pada 2005 dan tersebar di antara para pencinta teh yang rela membelinya dengan harga semahal berlian.

(Shabrina Aulia Rahmah/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.