Sukses

Gelar Operasi Pasar, Kemendag dan PPI Jual Gula Rp 12 Ribu/Kg

‎Untuk mengantisipasi lonjakan harga gula pasir jelang bulan Ramadhan, Kemendag bekerjasama dengan PT PPI menggelar operasi pasar.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Untuk mengantisipasi lonjakan harga gula pasir jelang bulan Ramadhan, Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI bekerjasama dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) menggelar operasi pasar dengan membagikan gula pasir berkualitas dengan harga yang murah.

Operasi pasar ini digelar serentak di beberapa kota besar di Indonesia, di antaranya Palembang, Surabaya, Medan dan Cirebon. Langkah konkrit ini juga sebagai solusi kurangnya stok gula di pasaran.

"Ini langkah kecil dari pemerintah, tapi dampaknya luar biasa. Pemerintah melihat harga sembako di beberapa komoditi agak naik, terutama gula. Stok sudah berkurang karena musim giling agak mundur. Setiap operasi pasar, PPI akan menyediakan pasokan gula hingga 2 ton, harganya Rp 12.000/Kg. Kegiatan ini akan digelar hingga H-7 jelang Ramadhan," Ujar Sekjen Kemendag, Sri Agustina, saat menggelar operasi pasar di Pasar Tradisional Cinde Palembang, Sabtu (14/6/2016).

Dengan menggelar operasi pasar, Kemendag mengharapkan harga gula akan stabil di kisaran harga Rp 12.500/kg. Pasalnya, saat ini harga gula melonjak naik di angka Rp 14.000 hingga Rp 16.000/kg

Awal Juni nanti hasil giling baru bisa dinikmati. Stok gula di beberapa produsen bisa mencukupi untuk 1 bulan. Kebutuhan gula nasional tembus di angka 220 ribu ton per bulan, sedangkan stok bisa mencapai 230 ribu ton per bulan.

‎PPI sendiri ditunjuk sebagai pemasok gula yang didapatkan dari berbagai produsen gula se-Indonesia. Selain dari petani, gula juga dipasok secara impor. Langkah ini, lanjutnya, dapat menekan biaya dan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan gula berkualitas.

Charles Sitorus, Business Development Director PT.PPI Persero menambahkan,ada beberapa pasar di Palembang yang dibidik untuk mendistribusikan gula murah ini. Pasar itu seperti di Pasar Lemabang, Cinde, 26 Ilir, Pasar Gubah hingga di kantor PPI di Jalan Kapten A Rivai.

"Pengusaha warung juga kita bina, ada 6.000 warung. Mereka bisa membeli gula murah dengan harga tertentu dari PPI. Namun, harga yang dijual harus sama dengan harga PPI. Untung yang didapat juga cukup besar," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini