Sukses

9 dari 10 Maskapai Terburuk Dunia Ada di Indonesia

Laporan Airlines Rating mengkategorikan 10 maskapai yang memiliki tingkat keselamatan yang rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Industri penerbangan di Indonesia tumbuh cukup pesat. Namun sayangnya, seringkali industri ini tercoreng dengan banyaknya insiden yang terjadi: delay, salah mendarat, hingga kecelakaan. Termasuk yang terjadi di Lion Air dan Trigana Air.

Alhasil, sembilan dari 10 maskapai terburuk di dunia berasal dari Indonesia. Dari daftar 10 maskapai terburuk itu, hanya satu yang berasal dari luar Indonesia, yakni Bluewing Airlines yang berbasis di Suriname.

Peringkat tahunan tersebut dibuat Airlines Rating, yang dipublikasikan pada Januari awal tahun ini. Dilansir dari CNN, ditulis (19/5/2016), Laporan tersebut mengacu pada kejadian 50 tahun terakhir yang mencatat ada 87 kecelakaan maskapai yang telah menewaskan tidak kurang dari 1.597 orang. Sementara dalam 10 tahun terakhir setidaknya ada 16 kecelakaan pesawat yang telah menewaskan 560 penumpangnya.

Sebenarnya laporan tersebut mengkategorikan 10 maskapai yang memiliki tingkat keselamatan yang rendah. Setelah sembilan maskapai diisi dari Indonesia, satu maskapai dilengkapi dari Suriname, yaitu Bluewing Airlines.

AirlineRatings.com mengatakan jika sebuah maskapai penerbangan memiliki kecelakaan yang melibatkan kematian penumpang dan awak pesawat, secara otomatis akan kehilangan bintang dari peringkat keselamatannya.

AirlineRatings.com dalam laporan tersebut telah mensurvei sebanyak 407 maskapai di dunia. maskapai yang menduduki paling atas dengan tingkat keselamatan terbaik adalah maskapai asal Australia, Qantas.

Berikut daftar maskapai tersebut:

1) Batik Air

Batik Air adalah anggota Lion Group yang menyediakan layanan penerbangan full service.

2) Bluewing Airlines

Bluewing satu-satunya maskapai penerbangan di luar Indonesia dalam daftar ini. Bluewing beroperasi di Suriname.

3) Citilink

Anak usaha Garuda Indonesia yang melayani penerbangan murah ini juga masuk dalam daftar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4) Kal-Star Aviation

4) Kal-Star Aviation

Kal Star juga termasuk salah satu maskapai penerbangan murah. Kebanyakan pesawat yang dimiliki Kalstar adalah pesawat ATR.

5) Lion Air

Lion Air adalah maskapai penerbangan yang juga anggota Lion Group. Lion Air dikenal sering mengalami delay.

6) Sriwijaya Air

Sriwijaya Air dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. Maskapai ini didirikan 2003 oleh Chandra Lie, Hendry Lie, Andi Halim dan Fandy Lingga.

7) TransNusa

TransNusa melayani penerbangan domestik dengan rute-rute perintis.

3 dari 3 halaman

8) Trigana Air Service


8) Trigana Air Service

Trigana Air juga melayani penerbangan domestik dengan rute-rute perintis dan charter.

9) Wings Air

Wings Air adalah maskapai penerbangan murah anggota Lion Group

10) Xpress Air

Maskapai ini fokus melayani penerbangan ke wilayah timur Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.