Sukses

IHSG Bakal Menguat, Amati Saham Pilihan Jelang Akhir Pekan

Laju Indeks Harga Saham Gabungan akan bergerak di kisaran 4.700-4.725 pada Jumat pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan menguat terbatas pada perdagangan saham Jumat pekan ini. Sentimen rilis suku bunga acuan/BI Rate akan mempengaruhi laju IHSG.

Analis PT Danareksa Sekuritas Lucky Bayu Purnomo menuturkan IHSG berpotensi menguat terbatas menjelang akhir pekan ini. Sentimen BI Rate akan mempengaruhi laju IHSG.

Dalam Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) pada Kamis 19 Mei 2016 memutuskan suku bunga acuan/BI Rate tetap di level 6,75 persen. Lucky menuturkan, penetapan suku bunga acuan itu menunjukkan ekonomi Indonesia masih baik.

Selain itu, dari sentimen global, Lucky menuturkan saat ini belum ada data ekonomi terbaru. Hal itu mengingat data cadangan minyak global sudah diumumkan dan rilis pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS) yang menyatakan suku bunga tetap. Akan tetapi, harga minyak dunia berpotensi menguat akan mempengaruhi laju indeks saham.


"Menjelang akhir pekan minim sentimen. IHSG akan menguji kisaran 4.700-4.725," ujar Lucky saat dihubungi Liputan6.com seperti ditulis Jumat (20/5/2016).

Sementara itu, Analis PT HD Capital Tbk Yuganur Widjanarko menuturkan meski didera aksi jual pelaku pasar yang tidak tahan dengan volatilitas regional dan berharap masih ada kelanjutan koreksi hingga 4.600.

"Namun kami melihat pelaku pasar mulai melakukan akumulasi saham berkapitalisasi besar dan lapis kedua untuk menahan kejatuhan lebih lanjut sehingga IHSG masih ada mengetes resistance psikologis di 4.800," tutur dia.

Yuganur menuturkan, IHSG akan bergerak di kisaran support 4.670-4.615-4.525 dan resistance 4.760-4.800-4.875-4.925.


Rekomendasi Saham

Yuganur merekomendasikan sejumlah saham yang dapat diperhatikan pelaku pasar. Saham-saham itu antara lain PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Timah Tbk (TINS),, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Sedangkan Lucky memilih saham TINS, PT Astra International Tbk (ASII), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Rekomendasi Teknikal

Yuganur memilih saham PT Bank Mandiri Tbk untuk diperhatikan pelaku pasar. Secara teknikal ada perbaikan pola jangka pendek dan menengah sehingga membuatnya menarik untuk diakumulasu dengan menuju resistance psikologis di Rp 9.350-Rp 9.450.

Ia merekomendasikan masuk saham PT Bank Mandiri Tbk di level pertama Rp 8.950, level kedua Rp 8.750 dan cut loss point Rp 8.650. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini