Sukses

Jelang Puasa, Harga Bawang Merah dan Daging Sapi Melonjak

Tingginya harga bawang merah karena tingginya curah hujan yang menyebabkan berkurangnya pasokan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah melonjak signifikan di pasar tradisional jelang momen Ramadan. Bawang merah saat ini dijual Rp 45 ribu per kilogram (kg), naik dari harga normal sekitar Rp 24 ribu per kg.

Pedagang Pasar Kebayoran Lama Siti Fathonah (46) mengatakan, tingginya harga bawang merah bukan akibat kenaikan permintaan yang terjadi jelang bulan Ramadan. Kenaikan harga terjadi karena tingginya curah hujan yang menyebabkan berkurangnya pasokan.

Siti mengatakan harga bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati sendiri mencapai Rp 42 ribu per kg.

"‎Biar kata Lebaran stok banyak, cuaca panas stabil. Wajarnya harga Rp 24 ribu-30 ribu per kg pas lagi murah-murahnya," kata dia kepada Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (20/5/2016).


Dia mengatakan, ‎harga bawang putih juga meningkat cukup signifikan dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg. Minimnya pasokan yang terjadi sebulan ini membuat harga bawang putih semakin tinggi.

"Bawang putih sekarang naik, apa gara-gara impornya mungkin, enggak tahu," kata dia.

‎Kondisi sebaliknya terjadi pada cabai merah keriting, yang sekarang dipatok Rp 25 ribu per kg atau turun dari pekan sebelumnya Rp 35 ribu-Rp 40 ribu per kg. Harga cabai merah keriting Rp 30 ribu per kg turun dari Rp 50 ribu per kg. "Kalau sekarang masih standar (cabai). Turun termasuknya," dia menjelaskan.

Tak hanya komoditas bawang, harga daging sapi ikut naik di pasar tradisional. Hadibowo (50), pedagang daging, mengatakan harga daging sapi naik Rp 10 ribu dari sebelumnya Rp 110 ribu per kg menjadi Rp 120 ribu per kg.

Kenaikan tersebut disebabkan oleh tingginya harga di tingkat pemotongan yang saat ini mencapai Rp 105 ribu per kg. "Belanjaan dari potongan naik, biasanya memang mau puasa," kata dia.

Dia bahkan mengatakan harga daging sapi diperkirakan mencapai Rp 140 ribu per kg menjelang puasa (H-3 dan H-2). Pasalnya, ada kecenderungan masyarakat menyajikan makanan yang enak pada awal puasa. "‎Pasti dari jagal naik, buka puasa pertama yang enak-enak," kata dia.

Berikut harga kebutuhan pasar pantauan:

‎Cabai merah keriting Rp 25 ribu per kg
Cabai merah rawit Rp 30 ribu per kg
Cabai merah besar Rp 35 ribu per kg
‎Bawang merah Rp 45 ribu per kg
Bawang putih Rp 40 ribu per kg
Tomat Rp 7 ribu per kg
Kentang Rp 14 ri‎bu per kg
Kol Rp 10 ribu per kg
Daun bawang Rp 22 ribu per kg
Sawi Rp 10 ribu per kg
‎Daging sapi sirloin Rp 120 ribu per kg
Daging sapi tenderloin Rp 130 ribu per kg
‎Paru sapi Rp 70 ribu per kg
Ati sapi Rp 60 ribu per kg
Jantung sapi Rp 70 ribu per kg
Babat Rp 25 ribu per kg
Ekor Rp 110 ribu per kg. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.