Sukses

Baru Lulus Kuliah Tak Perlu Takut Menganggur, Ini Alasannya

IPK yang rendah juga bukan penghalang untuk mendapatkan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Lulusan baru (fresh graduate) kerap dihantui perasaan khawatir karena tidak mendapat pekerjaan. Namun, hal tersebut bukanlah suatu beban yang berat karena banyak perusahaan tetap membutuhkan tenaga kerja baru.

Country Manager JobStreet.com Indonesia Faridah Lim mengatakan, untuk lulusan baru dengan IPK tinggi tak perlu khawatir karena perusahaan biasanya telah masuk-masuk ke kampus untuk mencari tenaga kerja dengan nilai yang tinggi.

"Istilahnya perusahaan sudah minta jatah ke kampus," kata dia di Thamrin Nine Jalan MH Thamrin Jakarta, Jumat (20/5/2016).

‎Selain itu, menurut dia banyak juga perusahaan yang khusus mencari fresh graduate untuk dididik sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Namun untuk lulusan baru dengan IPK minim atau pas-pasan juga tak perlu khawatir. Menurutnya, pelamar cukup mencari penyedia informasi lowongan pekerjaan yang benar.

Dia mengingatkan, pelamar mesti mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan minat. "Melamar kerja jangan asal harus serius dan relevan sesuai dengan bidang dan minatnya," tutur dia.

‎Kemudian, untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, pelamar mesti mencantumkan daftar riwayat hidup terbaru. Data yang diberikan mesti disertai kontak yang jelas untuk dihubungi.

IPK yang rendah juga bukan penghalang untuk mendapatkan pekerjaan. Dia bilang, hal tersebut bisa diatasi dengan menjabarkan keterampilan atau pengalaman semasa di kuliah.

"‎Kita bisa menjual diri, bisa menceritakan skill yang kita miliki. Misal aktif kemahasiswaan, nilai jual itu harus dicatatkan fresh gradute," dia menjelaskan. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini