Sukses

5 Bekal Mudah untuk Jadi Orang Kaya

Ada juga langkah mudah yang bisa dijadikan bekal seseorang menjadi miliarder alias orang kaya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang ingin menjadi miliarder. Namun tak sedikit juga yang mengalami kegagalan. Karena, jadi seorang miliarder butuh kerja keras, dan langkah yang tak mudah.

Namun, ada juga langkah mudah yang bisa dijadikan bekal seseorang menjadi miliarder alias orang kaya. Dilansir dari Bankrate, Minggu (29/5/2016)

1. Realisasikan Rencana Tertulis Anda

Mengatakan ingin jadi orang kaya tidaklah cukup. Anda harus punya rencana yang matang dan menulisnya di kertas.

Tak juga cukup sampai di situ. Rencana tertulis itu akan memaksa Anda mengerjakan sesuatu. Hitung apa yang dibutuhkan untuk berinvestasi, apa yang didapatkan hingga tujuan. Hitung rencana tersebut secara matang.

2. Menabung

Ini adalah aspek penting. Jika Anda adalah orang yang boros dan jarang menabung, uang jauh-jauh impian Anda menjadi orang kaya. Seperti kata pepatah, hemat pangkal kaya.

Orang kaya dunia juga menanamkan budaya ini, dan hasilnya mereka kini berharta banyak. Menabung juga bisa berbentuk investasi.

3. Membayar Utang

Banyak orang bilang, jika Anda bisa membiayainya dengan uang tunai, jangan pakai kartu kredit. Karena itu bisa membuat utang Anda semakin menumpuk. Bayar juga utang yang lain, sehingga pendapatan Anda tak akan terganggu.

4. Mulai Berbisnis

Mayoritas orang kaya di dunia adalah pengusaha. Mereka yang mendirikan usahanya sendiri. 8 dari 10 orang kaya di dunia, mendapatkan kekayaan yang dia buat sendiri, bukan dari orang lain.

5. Dapatkan Saran Profesional

Perencana keuangan yang baik bisa membantu Anda mengisi portofolio dengan investasi yang baik dan membuang yang buruk. Menurut survey dari Fidelity di 2015, 71 persen dari orang kaya yang berinvestasi lebih dari US$ 250 ribu memiliki penasihat keuangan.

Ini bisa dijadikan salah satu langkah dasar untuk menjadi seorang miliarder.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.