Sukses

Menkeu Bambang Ingin UMKM Bisa Dukung Industri Pariwisata

Sebagai negara berkembang, kekuatan ekonomi Indonesia harus dibangun dengan basis UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mengembangkan sektor pariwisata untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam pengembangan ini, pemerintah mengajak semua pihak termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk ikut mengelola pariwisata nasional.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro meminta kepada seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata nasional yang tengah digencarkan pemerintah.

Menurut Bambang, pembangunan kawasan wisata tidak akan lengkap tanpa adanya dukungan dari sektor UMKM. Setiap wisatawan tidak hanya mengunjungi lokasi wisata, melainkan juga membeli beberapa cindera mata yang menjadi ciri khas lokasi wisata tersebut.

"Kita dorong agar sebanyak mungkin uang yang keluar dari para wisatawan bisa ke setor perdagangan, di sini kita harapkan seluruh Indonesia sebagai garda terdepan belanja adalah UMKM kita," kata Bambang di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Sebagai negara berkembang, menurut Bambang, kekuatan ekonomi Indonesia harus dibangun dengan basis UMKM ini. Karena sektor UMKM ini diklaim paling tahan terhadap sentimen ekonomi global yang terjadi saat ini.

Bambang mengungkapkan, untuk itu tidak hanya meningkatkan jumlah UMKM, namun pemerintah yang bekerjasama dengan para lembaga keuangan atau lainnya untuk terus melakukan pembinaan bagi para UMKM.

Dengan adanya pembinaan, diharapkan akan meningkatkan kualitas manajemen UMKM dan produk-produk yang dihasilkan. Bahkan Menkeu berjanji akan memberikan dukungan demi meningkatkan daya saing itu.

"Jadi setiap UMKM itu harus naik kelas, yang mikro jadi kecil, yang kecil jadi menengah dan yang menengah jadi besar. Dengan begitu daya saing negara kita akan meningkat," papar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini