Sukses

Disney Ingin Investasi di Sektor Perfilman Indonesia

BKPM mengungkapkan perusahaan perfilman yang berbasis di AS, Walt Disney Picture berminat untuk berinvestasi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan perusahaan perfilman yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Walt Disney Picture berminat untuk berinvestasi di Indonesia.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengungkapkan, perusahaan film tersebut melihat potensi pasar yang sangat besar di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak daerah yang cocok dijadikan lokasi syuting film.

"Setelah saya kemarin ke Kanada, ke Amerika bertemu dengan Disney. Waduh, minatnya luar biasa. Merek tuh minat dari sisi lokasi, potensi pasar, dan tingkat kompetensi masyarakat di Indonesia untuk film sangat besar. Tapi belum optimal," ujar dia di Jakarta, Rabu (1/6/2016).

 



Namun untuk merealisasikan minat tersebut, Disney bertanya soal proses investasi dan insentif yang diberikan oleh pemerintah hingga kesiapan sumber daya manusia (SDM) di sektor perfilman.

"Mereka mempertanyakan ada beberapa beberapa tentang pembajakan, hak cipta, bagaimana kesiapan SDM. Kemudian kemudahan perizinan prosesnya dan insentifnya," kata dia.

Franky menyatakan pihaknya belum bisa menjanjikan apa-apa soal insentif bagi investasi tersebut. ‎Namun dia berharap minat ini bisa teralisasi sehingga akan mendorong perkembangan dunia perfilman Indonesia.

"Film itu saya belum bisa janjikan apakah bentuknya insentif, karena masih sangat awal," tandas dia. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.