Sukses

Investasi AP II Capai Rp 30 Triliun dalam 5 Tahun

PT Angkasa Pura akan menggunakan dana investasi Rp 30 triliun sebagian besar untuk pengembangan bandara Soekarno Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (AP II) membutuhkan investasi sekitar Rp 30 triliun untuk lima tahun ke depan. Sekitar 85 persen investasi untuk pengembangan ‎Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi mengatakan, dana tersebut antara lain untuk pembangunan bandara dari sisi darat serta sisi udara bandara.

"Satu, untuk bangunan terminal kurang lebih Rp 5 triliun. Kita membangun jaringan listrik, membangun air, jalan, kurang lebih Rp 2 triliun sendiri. East cross Rp 2 triliun lagi. Membangun overlay dan macam-macam Rp 1,5 triliun. Membangun runway 3 untuk konstruksi Rp 2 triliun. Jadi banyak yang kita keluarkan, belum lagi cargo village. Total investasi 5 tahun ke depan Rp 30 triliun," ‎kata dia di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Bukan tanpa alasan perseroan justru fokus ke Bandara Soekarno Hatta. Budi mengatakan, saat ini kapasitas bandara dianggap sudah tak mampu menampung jumlah penumpang.

"‎Soekarno Hatta, satu bandara yang perbedaan demand dan supply tinggi. Saat ini kapasitas 20 juta, yang datang 60 juta," ujar dia.

Sejumlah skema pembiayaan pun telah diupayakan, di antaranya pinjaman dari sindikasi PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk. Tak hanya itu, perseroan juga melakukan penawaran surat utang atau obligasi. Budi mengatakan, sekitar 15 persen dari Rp 30 triliun dialokasikan untuk bandara-bandara lain yang dikelola oleh AP II.

"Soekarno Hatta 85 persen di antaranya yang Rp30 triliun. 85 persen di sini (Soekarno Hatta). Yang lain Bandung, Pontianak, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Kualanamu, Aceh," kata dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini