Sukses

Harga Daging Sapi Capai Rp 110 Ribu per Kg di Awal Puasa

Para pedagang sapi memanfaatkan momen awal puasa untuk berlibur sehingga dapat berkumpul dengan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas penjualan daging sapi di Pasar Kebayoran Lama Jakarta sepi berbeda dengan hari-hari biasanya. Lantaran para pedagang memutuskan untuk libur sejenak menyambut bulan puasa.

Pantauan Liputan6.com, Senin (6/6/2016) pukul 10.00 WIB wilayah tempat penjualan daging sapi di Pasar Kebayoran Lama di lantai 2 biasanya diisi lebih dari puluhan pedagang. Namun, jumlah pedagang daging hari ini tak lebih dari 10 pedagang.

Dari pedagang tersebut, terlihat hanya segelintir pedagang sapi yang menjual dagangannya. Sisanya, juga diisi oleh pedagang daging kambing.

Salah satu pedagang daging sapi, Muhammad Iyang (55) mengatakan, aktivitas demikian lumrah terjadi di awal bulan puasa. Dia mengatakan, awal puasa dijadikan momen untuk berkumpul dengan keluarga.


"Biasa puasa pertama libur, 4 hari baru kaya biasa (jualan)," kata dia kepada Liputan6.com.

Dia menuturkan, pedagang yang menjual dagangannya saat ini hanya untuk menghabiskan pasokan daging yang tersisa di minggu lalu. Meski begitu, Muhammad mengaku aktivitas di tempat pemotongan tetap seperti biasanya.

"Pemotongan sih tidak berhenti, memang pedagangnya aja‎ (libur)," tutur dia.

Sementara dia menuturkan, harga daging sapi terpantau stabil. Harga daging sapi di awal puasa ini sekitar Rp 110 ribu per kg. Harga daging sapi bakal terkerek naik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Dari lebaran kemarin segitu (harga daging sapi). Belum turun, apalagi menjelang Idul Fitri, bisa Rp 140 ribu per kg," ujar dia.

Salah satu pedagang daging kambing yang enggan disebut namanya bilang, ‎aktivitas penjualan daging bakal pulih besok. Dia bilang, para pedagang daging sapi yang jualan hari ini juga mengurangi jam dagangnya. "Sapi belum mulai, pada libur," tutur dia.

Berikut harga daging sapi pantauan Liputan6.com:

Sirloin Rp 110 ribu per kg
Tenderloin Rp 130 ribu per kg
Ati Rp 50 ribu per kg
Jantung Rp 50 ribu per kg
Paru Rp 60 ribu per kg
Babat Rp 20 ribu-25 ribu per kg
Ekor atau buntut Rp 100 ribu per kg

(Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini