Sukses

Gelar Rapat, KEIN Bakal Bahas 4 Isu dengan Presiden Besok

Salah satu isu yang akan dibahas dalam pertemuan KEIN dengan Presiden Jokowi yaitu mewujudkan target pertumbuhan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadwalkan rapat konsultasi dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN)‎, Selasa 7 Juni 2016 di Istana Negara pukul 10.30 WIB. Ada empat isu penting yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut khususnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri nasional.

Anggota KEIN, Muhammad Fadhil Hasan mengungkapkan, KEIN sepakat untuk membawa 4 isu dalam rapat bersama Presiden Jokowi esok pagi. Pertama, Ia menuturkan, isu bagaimana menuju pertu‎mbuhan ekonomi 7 persen di 2018 atau 2019 secara berkualitas.

"‎Kedua, isunya meskipun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari sisi penerimaan negara turun, tapi memastikan program-program pengentasan kemiskinan dan pengangguran bisa terus dijalankan dengan baik. Karena ada tantangan dari domestik, seperti shortfall pajak dan perlambatan ekonomi dunia, sehingga kita tetap harus menjaga, bahkan menurunkan tingkat pengangguran serta kemiskinan," jelas dia usai Rapat KEIN di kantor Kemenko Bidang Perekonomian di Jakarta, Senin (6/6/2016).

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan tingkat pengangguran terbuka dalam APBN 2016 berkisar 5,2-5,5 persen. Sedangkan tingkat kemiskinan dipatok 9-10 persen dengan rasio gini 0,39 persen dan Indeks Pembangunan Manusia sebesar 70,1 persen.

Isu ketiga, sambung Fadhil, KEIN dan Presiden Jokowi akan membahas upaya stabilisasi harga pangan dalam jangka pendek ini. Khususnya saat Puasa dan Lebaran. Isu keempat, Ia menambahkan, bagaimana pemerintah menciptakan kebijakan fiskal dan moneter yang selaras dan tepat untuk menjawab tantangan ke depan.

"Isu ini juga terkait dengan koordinasi kebijakan antar Kementerian / Lembaga supaya lebih baik. Kebijakan bukan saja sektoral, tapi juga terintegrasi," ujar dia.  (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.