Sukses

5 Cara Ini Bikin Anak Pintar Atur Uang

Apabila sejak kecil Anda diajarkan untuk mengatur uang dengan baik, maka kebiasaan tersebut dapat terus terbawa hingga dewasa.

Liputan6.com, Jakarta - Kesulitan mengatur keuangan sering dialami oleh banyak orang. Gaji yang baru saja diterima kadang langsung habis tanpa jejak. Tahukah Anda kebiasaan mengatur uang ternyata dipengaruhi oleh pengetahuan keuangan Anda sedari kecil.

Apabila sejak kecil Anda diajarkan untuk mengatur uang dengan baik, maka kebiasaan tersebut dapat terus terbawa hingga dewasa.

Oleh karenanya, akan sangat baik apabila Anda mulai mengajari pengetahuan keuangan pada anak sedari dini. Melansir bankrate.com, Kamis (9/6/2016) berikut lima hal yang dapat Anda lakukan:

1. Bicarakan soal uang sedari kecil

Tidak ada salahnya untuk mulai untuk mengajarkan anak Anda tentang keuangan sejak kecil. Hal ini akan membiasakan mereka untuk mengerti tentang uang dan menumbuhkan kebiasaan baik dalam mengelola keuangan.

2. Ajak anak ketika belanja bulanan

Satu tempat belajar yang tepat bagi anak untuk dapat belajar tentang keuangan adalah pusat perbelanjaan. Anda dapat mengajak sang anak untuk ikut berbelanja setiap bulan. Dengan begini mereka lebih mengerti tentang fungsi uang pada umumnya.

3. Berikan kebebasan dalam kelola keuangan

Anak akan mampu untuk belajar keuangan dengan lebih baik apabila mereka diizinkan untuk terjun langsung. Biarkan sang anak mengelola keuangan mereka sendiri. Namun tetap berikan pengawasan atas kegiatan yang mereka lakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan terlalu memarahi

4. Jangan terlalu memarahi

Ada kalanya sang anak akan melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan yang mereka miliki. Sebagai orang tua, akan lebih baik bagi Anda apabila tidak memarahi anak secara berlebihan. Biarkan mereka belajar dari kesalahan yang mereka buat.

5. Tunjukkan contoh yang baik

Orang tua memiliki peran yang besar dalam tumbuh kembang sang anak. Apabila Anda ingin anak Anda bisa mengatur keuangan dengan baik, maka Anda pun harus bisa mencontohkan hal tersebut pada sang anak. Kemajuan tumbuh kembang anak dimulai dengan kebiasaan baik yang ditularkan oleh orang tua. (Vna/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini