Sukses

Cara Pertamina Pastikan Penyaluran BBM

Manajemen Pertamina menyatakan kasus manipulasi takaran BBM di SPBU menggunakan alat yang tergolong baru.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melakukan monitoring berlapis terhadap operasional setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hal tersebut untuk memastikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diterima masyarakat sesuai dengan takaran.

Senior Sales Representatif Wilayah Jakarta Selatan PT Pertamina (Persero) Awan Raharjo ‎ menerangkan, untuk pengoperasian SPBU mesti melewati uji pengukuran lewat Dinas Metrologi.

"‎Dalam pengoperasian SPBU kita melakukan monitoring berlapis. Ketika operasi harus ditera (diukur) Dinas Metrologi. Jangka waktu masing-masing daerah beda-beda. 6 bulan sampai 1 tahun. Kalau Jakarta 1 tahun," kata dia  SPBU Veteran Jalan RC Veteran Jakarta Selatan, Kamis (9/6/2016).


Monitoring ke dua, lanjut dia dilakukan oleh audit independen. Dia menuturkan, audit independen untuk memastikan BBM yang disalurkan memenuhi kriteria 'pasti pas'.

"‎Lalu setiap bulan melakukan audit independen, yang dilakukan TUV itu kelasnya auditor internasional. Itu melakukan juga audit pasti pas," tambah dia.

Tak hanya itu, dia mengklaim jika Pertamina melakukan audit sendiri. Dia bilang, Pertamina juga melakukan audit berupa sidak dadakan. "Dari Pertamina juga melakukan inspeksi dadakan juga untuk melakukan peneraan pompa ini," imbuh dia.

Terkait dengan kasus manipulasi takaran yang terjadi beberapa waktu lalu, dia menuturkan hal tersebut merupakan ‎kasus baru. Dia menuturkan, manipulasi tersebut menggunakan alat canggih yang sebelumnya belum pernah terjadi. "Alat itu masih tergolong baru, kemarin baru terungkap," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

Video Terkini