Sukses

Terminal 3 Ultimate Solusi Kekurangan Kapasitas Bandara Soetta

Terminal 3 ultimate bandara Soekarno Hatta memiliki kapasitas 25 juta penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (AP II) akan segera meresmikan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Adanya terminal ini diharapkan menjadi salah satu solusi kekurangan kapasitas penumpang di bandara tersebut.

Direktur Utama Angkasa Pura II‎ Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam satu tahun, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 60 juta orang. Namun selama ini daya tampung bandara tersebut hanya sekitar 20 juta penumpang.

"Bandara Soekarno-Hatta ini penumpangnya satu tahun sebanyak 60 juta, dan kapasitas terminal 1 dan terminal 2 itu cuma 20 juta. Jadi ada kekurangan kapasitas. Oleh karena itu dibangun terminal 3 dengan kapasitas 25 juta," kata dia di Jakarta, seperti ditulis Jumat (10/6/2016).

Meski demikian, ke depannya keberadaan terminal 3 ultimate ini juga dinilai masih‎ belum mencukupi. Salah satunya karena jumlah pengguna jasa pesawat di Indonesia diprediksi akan terus meningkat.

Untuk mengatasi hal tersebut, selain membangun terminal 3 Ultimate, Angkasa Pura II juga akan melakukan pengembangan pada terminal 1 dan terminal‎ 2. Dengan demikian ditargetkan pada akhir 2017, Bandara Soekarno-Hatta telah memiliki kapasitas yang mampu menampung 60 juta penumpang per tahun.

‎"Itu pun masih kurang. Nanti terminal 1 dan terminal 2 kita bangun lagi. Sehingga diharapkan 2017 akhir atau awal 2018 kapasitas itu terpenuhi," ujar dia. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini