Sukses

Harga Pangan Bergejolak, KEIN Duga Ada Permainan Kartel

Lonjakan harga yang terjadi saat Ramadan dan jelang Lebaran sebenarnya tidak dinikmati oleh para petani.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menduga ada permainan kartel dibalik gejolak harga pangan yang terjadi selama Ramadan dan Lebaran. Pasalnya, gejolak harga ‎tersebut ‎selalu terulang setiap tahunnya.

KetuaKEINSoetrisnoBachir mengatakan, seharusnya untuk memeriahkan perayaan hari besar keagamaan atau bergantian tahun, para penjual memberikan diskon kepada konsumen. Namun, hal berbeda justru selalu terjadi pada komoditas pangan di mana bukan mendapat diskon, tetapi harganya malah melambung tinggi.

"Kenapa baju di mal turun, ada program diskon, tapi kenapa mau lebaran semua naik, cabai naik, gula naik, daging naik, beras naik. Berarti di situ ada permainan, dalam tanda kutip ada mafia. Nah ini yang harus diterobos," ujar dia usai menghadiri Buka Puasa Bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) di Jakarta, seperti ditulis Jumat (10/6/2016).

Soetrisno mengungkapkan, lonjakan harga yang terjadi saat Ramadan dan jelang Lebaran sebenarnya tidak dinikmati oleh para petani. Kenaikan harga tersebut hanya dinikmati oleh oknum-oknum yang bermain di dalam rantai pasok distribusi.

‎"Karena yang menikmati bukan para petani, tetapi para rentenir atau para pemegang kartel. Sekarang di sisi produksi, petani tetap miskin karena harganya murah. Justru di mata rantai yang berkepanjangan. Dan memang mungkin ada kartel-kartel itu. Misalnya lima importir atau pemain sepakat ‎ngumpul dalam satu ruangan, oke kita harganya sekian. Kan karena distribusinya dikuasai, tinggal menyetop saja distribusi di gudang-gudang sehingga harga-harga naik," jelas dia.

Untuk mengatasi masalah ini, lanjut Soetrisno, memang dibutuhkan kerja keras dari pemerintah. Oleh sebab itu, KEIN terus berupaya memberikan masukan kepada pemerintah dalam rangka memotong panjangnya rantai distribusi pangan.

"Oleh sebab itu butuh kerja keras, butuh terobosan seperti yang dikehendaki Pak Jokowi, termasuk menteri-menterinya. Menteri sekarang harus kerja, kerja, kerja," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini