Sukses

Tidak Mau Rugi? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja Online

Walau belanja online memberikan banyak keuntungan, ada tetap beberapa hal yang harus konsumen perhatikan

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online kini telah menjadi gaya hidup masyarakat. Data terbaru menunjukkan bahwa dalam empat bulan pertama di tahun 2016, total penjualan online meningkat 8,1 persen dibanding tahun lalu. Kini, banyak konsumen yang akhirnya beralih ke era digital.

Walau belanja online memberikan banyak keuntungan, ada tetap beberapa hal yang harus konsumen perhatikan. Jangan karena hanya terjebak belanja online yang mudah, Anda justru terjebak dan transaksi yang dilakukan pun merugikan diri sendiri.

 

Baca Juga

    Melansir Lifehack.org, Rabu (15/6/2016) berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

    1. Selalu cek detail produk

    Jangan lupa untuk membaca setiap detail penjelasan dari produk yang ingin Anda beli. Masalah yang sering kali terjadi oleh pembeli online adalah mereka langsung membeli barang yang diinginkan tanpa tahu dulu detail produk sebenarnya.

    Alhasil banyak konsumen yang sering merasa kecewa karena produk yang dibeli terasa berbeda dengan persepsi sebelumnya.

    2. Cek biaya pengiriman

    Biaya pengiriman dalam belanja online bergantung tergantung daerah dan jenis dari barang yang dibeli. Mengecek biaya dan ketentuan pengiriman juga dapat membuat Anda lebih siap dan meminimalisir resiko kerugian.

    * Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

    2 dari 3 halaman

    Bandingkan harga

    3. Membandingkan harga barang yang sama

    Terkadang ada beberapa situs online menjual barang yang sama dengan harga yang berbeda. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk membandingkan sekiranya mana situs yang menjual harga lebih murah.

    4. Membaca review produk

    Hal lain yang dapat dilakukan untuk menghindari kerugian saat belanja online adalah membaca review produk. Beberapa situs biasanya menyiapkan kolom yang dapat diisi oleh konsumen sebelumnya ketika membeli barang tersebut. Membaca review dapat memberikan gambaran jelas bagi Anda tentang kualitas produk.

    3 dari 3 halaman

    Tahu hak konsumen

    5. Tahu hak konsumen

    Setiap situs belanja online juga biasanya memiliki kebijakan akan proses pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Mereka juga akan mencantumkan hak hak apa saja yang dapat dipenuhi oleh konsumen. Tahu akan hal ini akan sangat berguna bagi Anda.

    6. Jeli terhadap penipuan

    Kemudahan dari belanja online tersebut sering digunakan sebagai aksi kriminal seperti penipuan. Agar Anda tidak terjebak dalam hal ini, maka Anda harus mampu jeli dengan situasi yang ada.

    Anda harus cermat dengan website jual beli yang digunakan. Selain itu, pastikan website tersebut pun bisa melakukan transaksi jual beli online seperti pada website e-commerce pada umumnya. (Vna/Ndw)

     

    * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini