Sukses

Hilangkan Rasa Kantuk Ketika Kerja Lewat 7 Cara Ini

Biasanya rasa kantuk ini menyerang di pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang besar.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kendala yang sering dihadapi orang ketika bekerja adalah rasa kantuk yang tiba-tiba menyerang. Pekerjaan yang bisa selesai dalam waktu cepat pun akhirnya terbengkalai dan sulit untuk dikerjakan.

Biasanya rasa kantuk ini menyerang di pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang besar. Meski sulit untuk dihilangkan, rasa kantuk ini bisa Anda kendalikan.

 Baca Juga

Melansir laman Lifehack, Senin (20/6/2016) berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Tidur siang

Hal pertama yang dapat Anda lakukan apabila rasa kantuk menyerang adalah tidur siang. Seringkali rasa kantuk yang dirasakan sangat kuat dan sulit bagi Anda untuk konsentrasi ke pekerjaan. Apabila hal ini terjadi, maka Anda sebaiknya menyisihkan waktu sebentar untuk tidur siang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerjakan pekerjaan berbeda

2. Mengerjakan pekerjaan lain

Siapa tahu pekerjaan yang Anda kerjakan sekarang membosankan, sehingga rasa kantuk tersebut gampang menyerang. Apabila hal ini terjadi, maka Anda dapat mencoba untuk mengerjakan pekerjaan Anda yang lain.

3. Bergerak

Berjalan santai ataupun melakukan sedikit peregangan dapat membantu Anda untuk merasa lebih segar. Hal ini juga bisa Anda coba lakukan apabila merasa mengantuk di kantor. Selain itu, melakukan gerakan sederhana tersebut juga dapat membuat Anda terhindar dari kelelahan otot ketika bekerja.

3 dari 4 halaman

Jaga pola makan

4. Menjaga pola makan
Makanan yang Anda konsumsi berpengaruh terhadap mood serta kondisi badan Anda ketika bekerja. Jika Anda tidak ingin merasa lemas dan mengantuk, maka Anda bisa mencobanya dengan menjaga pola makan selama bekerja.

5. Konsumsi peppermint

Permen rasa peppermint dapat membuat Anda merasa lebih segar. Anda juga dapat menghilangkan rasa kantuk dengan menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung peppermint.

4 dari 4 halaman

Minum kopi

6. Istirahat minum kopi

Kopi banyak menjadi pilihan masyarakat sebagai minuman yang dikonsumsi di kala mengantuk. Zat kafein yang terdapat dalam kopi dapat menstimulasi tubuh untuk bisa lebih segar dan menambah energi ketika bekerja.

7. Meditasi

Cara meditasi ini dapat dipakai apabila Anda ingin merasa santai dan rileks. Selain itu, meditasi juga bisa dijadikan solusi apabila ingin terhindar dari rasa kantuk saat bekerja. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara meditasi di kantor, Anda dapat mendengarkan musik meditasi yang banyak bisa ditemukan di internet. (Vna/)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini