Sukses

Kemendag Pantau Daging Impor dari Pemotongan hingga Pengiriman

Kementerian Perdagangan pastikan kehalalan 29.500 ton daging sapi impor dari Australia

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan pastikan kehalalan 29.500 ton daging sapi impor dari Australia. Sehingga masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk membeli daging sapi murah yang siap diobral di pasaran.

"Kami dari Kementerian Perdagangan menjamin kehalalannya. Sebab, dari awal proses pengelolannya sampai dikirim ke Indonesia, kami pantau terus," kata Muladno, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Kemendag, ditulis Sabtu (18/6/2016).

Tak hanya itu saja, Muladno juga memastikan bila kementeriannya memiliki kewajiban teknis dalam proses impor daging segar asal Australia itu. "Cara memotongnya, penanganan dan pengelolaan. Lalu distribusi, pengemasannya, semua dipastikan harus dilakukan secara profesional," kata Muladno.

Sehingga, sesampainya di Indonesia tinggal siap disebar ke ribuan pedagang daging di seluruh Indonesia. Untuk dijual seharga Rp 70 sampai 85 ribu per kilogramnya.

"Jadi ada rasa aman masyarakat untuk dikonsumsi daging. Ini kan bagian dari terealisasinya amanat dan statement presiden atas harga daging segar seharga Rp 80 ribu per kilogram," kata Muladno.

Seperti diketahui, sebanyak 4 dari 29.500 ton daging sapi segar tiba di Kargo Garuda Indonesia Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang. Nantinya hingga lebaran tiba, secara bertahap seribu ton awal akan datang.

"Selebihnya sampai akhir tahun akan datang setiap harinya ke Indonesia," ujar Direktur Utama Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Dayu Permata Renggani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.