Sukses

7 Tanda Anda Ditolak Wawancara Kerja

ada kalanya pelamar pun harus menerima nasib pahit bahwa mereka tidak mampu mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapat pekerjaan yang sesuai tidaklah mudah. Beberapa proses harus dilalui oleh calon pegawai agar bisa benar-benar diterima bekerja. Dari sekian banyak proses yang harus dilalui, proses wawancara kerja merupakan proses yang seringkali ditakutkan.

Banyak orang merasa sulit untuk tahu apakah proses wawancara kerja yang mereka alami benar-benar berjalan sesuai rencana. Proses wawancara kerja yang baik akan memberikan hasil yang maksimal.

Namun adakalanya pelamar pun harus menerima nasib pahit bahwa mereka tidak mampu mendapat pekerjaan yang diinginkan.

 

Berikut 7 perkataan dari HRD yang dapat menjadi tanda bahwa Anda ditolak wawancara kerja seperti dikutip dari Forbes, Selasa (21/6/2016)

“Anda masih kami pertimbangkan…”

Pernyataan ini dapat berarti Anda bukanlah merupakan kandidat utama yang dijagokan untuk mendapat pekerjaan tersebut.

Apabila Anda mendengar pernyataan ini saat wawancara kerja maka akan lebih baik apabila Anda berharap terlalu banyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

“Kita hanya ingin melihat kandidat lain…”

Sama seperti pernyataan sebelumnya, hal ini juga membuktikan bahwa Anda bisa tidak dipertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan yang ada. Perusahaan melihat kandidat lain untuk mencari apakah ada kandidat yang lebih baik.

“Kita sedang mempertimbangkan Anda untuk mengkombinasikan ini dengan posisi lain”

Hal ini merupakan cara halus yang biasa disampaikan perusahaan bahwa Anda tidak diterima di perusahaan tersebut. Sulit rasanya untuk mengkombinasikan satu posisi dengan posisi lainnya. Kesempatan Anda untuk mendapat pekerjaan tersebut juga lebih kecil.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

“Posisi tersebut sedang ditunda dulu…”

Apabila Anda mendengar hal ini dikatakan maka bisa berarti bahwa pihak perusahaan sedang mengulur waktu untuk merekrut Anda. Daripada menunggu akan kepastian, Anda bisa mencari kesempatan kerja yang lain.

“Resume Anda sedang kami telaah kembali…”

Seringkali, pihak perusahaan akan melakukan cek dua kali untuk memastikan kandidat yang mereka rekrut merupakan kandidat yang kompeten. Hal ini bisa dilakukan dengan menelaah resume yang dikirimkan. Akan tetapi apabila hal ini berlangsung sangat lama, bisa berarti kalau ini merupakan cara halus untuk menolak Anda.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

“Kami sedang menunggu persetujuan anggaran”

Cara lain yang dapat perusahaan pakai untuk mengulur waktu adalah dengan memberitahukan hal ini pada kandidat pegawai. Akhirnya pegawai pun terpaksa menunggu hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Ada kandidat internal yang lebih kompeten”

Pernyataan ini sudah mutlak memberitahu bahwa Anda ditolak dari posisi yang ada. Anda bisa memakai kesempatan yang ada untuk mencari pekerjaan di perusahaan lain.

(Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini