Sukses

Lapan Luncurkan Satelit Pemantau Maritim

Satelit Lapan membawa misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumberdaya pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) meluncurkan satelit Lapan A3 (Lapan-IPB) pada Rabu (22/6/2016). Peluncuran tersebut dilakukan di Sriharikota, India, pukul 10.56 WIB, bersamaan dengan 19 satelit milik India, Amerika Serikat, Jerman dan Kanada.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan, sistem yang dibangun pada satelit ini akan membantu pemantauan terhadap kondisi alam Indonesia yang mempunyai tingkat biodiversitas tinggi, yaitu memiliki keanekaragaman Sumber Daya Alam (SDA) Hayati.

"Kami menyaksikan peluncuran satelit Lapan A3, yang merupakan pengembangan sistem pemantau maritim berbasis antariksa. Salah satu fokus program kami yaitu pengembangan pemantau maritim, layanan zona tangkap ikan, arah angin, suhu air dan tingkat klorofil dalam laut," ujar dia diRumpin, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2016).

Satelit Lapan generasi ketiga ini memiliki berat 115 kilogram. Satelit membawa misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumberdaya pangan. Dengan kemampuannya satelit ini dibangun agar mampu mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan. Muatan penginderaan jauh satelit ini berupa 4 bands multispectral image beresolusi 18 meter dengan lebar swath 100 kilometer (km).

"Kami kembangkan sistem penginderaan maritim. Ini bisa juga bisa mendeteksi potensi cuaca ekstrim di laut sehingga nelayan bisa melaut dengan aman," kata dia.

Menurut Thomas, satelit ini dibangun atas dasar kerja sama dengan IPB dimanfaatkan untuk memantau tanaman pangan. Hasil pemantauanny juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah di bidang maritim.

Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam membangun perekonomian berkelanjutan, salah satunya maritim. Satelit juga mengemban misi pemantauan kapal laut dengan memanfaatkan sensor Automatic Identification System (AIS).

‎"Satelit ini akan menempati orbit. Selain sistem pemantauan maritim, satelit ini juga untuk sektor pertanian," tandas dia.

Peluncuran satelit Lapan A3 ini juga disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla secara live streaming‎ dari Pusat Teknologi penerbangan LAPAN, Jalan Raya LAPAN Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini