Sukses

Tips Memanfaatkan Kartu Kredit dan Debit Saat Mudik

Ada beberapa momen, di mana kartu kredit atau debit Anda bisa sangat bermanfaat kalau digunakan pada saat mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu momen paling ditunggu ketika Lebaran tiba adalah mudik ke kampung halaman. Di Indonesia sendiri, tidak peduli dia beragama Muslim atau non Muslim, mudik saat Lebaran bisa dibilang sudah seperti ritual wajib bagi hampir setiap masyarakat.

Mudik dilakukan untuk melepas rindu setelah beberapa bulan harus rela terpisah dan tidak bisa bertemu dengan keluarga. Selain itu, mudik juga merupakan momen untuk menjalin silaturahmi sekaligus merayakan kemenangan bagi umat Muslim yang sudah sebulan melawan hawa nafsu dengan berpuasa.

Semua momen mudik pasti mengesankan dan kita tentunya tidak ingin ada hambatan berarti selama kita menjalani masa mudik yang mungkin hanya sekali dalam satu tahun. Termasuk dalam urusan transaksi keuangan, hal ini wajib dipikirkan terutama bila Anda termasuk orang yang malas membawa uang tunai terlalu banyak ketika mudik.

Tidak salah memang, karena membawa uang tunai terlalu banyak ketika mudik juga tidak baik karena akan memancing pelaku kejahatan untuk mengincar kita. Tapi di sisi lain, melakukan transaksi non tunai di luar kota juga cukup sulit dilakukan. Karena jarang ada warung atau tempat wisata yang menyediakan mesin Electronic Data Capture atau EDC menerima transaksi menggunakan kartu kredit atau debit.

Faktor ketidakmerataan pembangunan selalu menjadi alasan utama mengapa kartu kredit Anda tidak bisa dipakai di kampung halaman. Mungkin kalau Anda yang kampung halamannya ada di pusat kota, masalah ini tidak akan terlalu mengganggu.

Namun, bagaimana kalau kampung halaman Anda ada di daerah terpencil? Tentu ini akan menjadi masalah.

Meskipun begitu, bukan berarti kartu kredit Anda tidak akan berguna ketika berada di kampung halaman. Karena sebenarnya ada beberapa momen, di mana kartu kredit atau debit Anda bisa sangat bermanfaat kalau digunakan pada saat tersebut. Apa saja momen- momen tersebut? Berikut pembahasannya mengutip Cermati, Jumat (24/6/2016):

1. Belanja di Minimarket

Sekarang keberadaan minimarket sudah menjamah daerah-daerah terpencil. Bahkan, fasilitas yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda dengan yang ada di kota-kota besar.

Salah satunya adalah kemudahan bertransaksi, di mana sekarang sudah banyak minimarket di daerah yang menyediakan mesin EDC untuk kemudahan transaksi para konsumennya. Hal ini bisa Anda manfaatkan, terutama bila harus berbelanja dalam jumlah besar, karena sangat tidak praktis kalau harus membawa uang tunai terlalu banyak untuk melakukan pembayaran.

2. Untuk Biaya Kesehatan

Siapa yang tidak bisa menjamin Anda akan terus sehat selama di kampung halaman? Tentu tidak ada. Bisa saja Anda suatu waktu mengalami sakit dan harus dirawat.

Untuk transaksi pembayarannya, sekarang hampir semua rumah sakit menyediakan transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit. Hal ini sangat berguna karena biaya rawat untuk rawat inap biasanya tidak sedikit dan sulit dilakukan dengan uang tunai kalau dana pembayarannya harus dilakukan dengan segera.

3. Pembayaran Tagihan atau Transaksi Online

Pembayaran tagihan di sini maksudnya bukan dilakukan di ATM, tetapi lewat koneksi internet. Sebagai contoh, Anda mesti melakukan pembayaran tagihan atau pembelian barang tertentu secara online.

Anda bisa memanfaatkan kartu kredit atau debit Anda untuk melakukannya. Mungkin, banyak yang khawatir dengan keberadaan koneksi internet di daerah terpencil. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, rasanya sekarang hampir semua daerah sudah bisa mengakses internet, terutama lewat perangkat mobile. Jadi, kapanpun Anda membutuhkannya, Anda bisa bertransaksi menggunakan kartu kredit atau debit secara online ketika mudik.(Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.