Sukses

Rizal Ramli: Pariwisata Jadi Penolong RI Hadapi Brexit

Menko Rizal Ramli menyatakan sektor pariwisata menjadi jalan keluar bagi Indonesia untuk lepas dari imbas gejolak ekonomi global.

Liputan6.com, Labuan Bajo- ‎Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menyatakan sektor pariwisata menjadi jalan keluar bagi Indonesia untuk lepas dari imbas gejolak ekonomi global. Termasuk imbas yang mungkin muncul akibat keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa (Britain Exit/Brexit).

Rizal mengungkapkan, dengan luas wilayah dan keanekaragaman kekayaan alam, Indonesia mempunyai potensi besar untuk menggantungkan ekonominya dari sektor pariwisata. Terlebih lagi sektor ini dinilai tahan terhadap goncangan-goncangan ekonomi global.

"Ada gejolak di dunia, ada Brexit, kalau pariwisatanya bagus, tetap akan berkembang. Ini membuat ekonomi kita lebih stabil," ujar dia di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (26/6/2016).

Rizal mencontohkan, Yunani yang meski ekonominya tengah terpuruk akibat diterjang krisis beberapa waktu lalu, namun tetap bisa bertahan. Hal ini salah satunya karena ada dukungan sektor pariwisata.

‎"Bulan lalu saya dari Yunani, mereka sedang kesulitan ekonomi, sedang krisis, tetapi pariwisatanya malah lagi bagus-bagusnya," kata dia.

Belajar dari hal itu, maka Rizal ingin mendorong sektor pariwisata sebagai motor penggerak ekonomi Indonesia. Dengan demikian diharapkan ekonomi Indonesia menjadi lebih stabil dan tahan akan goncangan ekonomi global.

"Jadi kita kembangkan pariwisata supaya ekonomi kita tidak selalu bergejolak," tandas dia. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini