Sukses

Pertamina Siapkan Dana untuk Partisipasi di Blok Masela

Manajemen Pertamina menyatakan blok Masela akan produksi pada 2028.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina telah menyiapkan dana untuk membeli 20 persen saham Inpex Corporation untuk bisa berpartisipasi dalam pengelolaan blok Masela. Namun sayangnya keinginan pembelian saham tersebut belum mendapatkan sambutan baik dari Inpex.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, pembelian saham tersebut sebenarnya sebagai investasi jangka panjang. Oleh sebab itu, Pertamina tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam pengelolaan blok ini.

"Saya kira pendanaan kita siap. Karena itu investasi bukan sekaligus, tetapi jangka panjang," ujar dia di Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Dwi menyatakan, jika sesuai dengan target, blok tersebut baru akan berproduksi pada 2028. Oleh sebab itu, Pertamina dinilai masih memiliki waktu yang panjang untuk menghimpun dana yang dibutuhkan.

"Kalau direncanakan mulai berproduksi on stream pada 2028, jadi punya waktu panjang menyiapkan kebutuhan pendanaan, berapa pun nanti. Seandainya Pertamina bisa masuk," kata dia.

Namun sayangnya, dalam surat balasan terkait dengan keinginan Pertamina tersebut, ‎pihak Inpex menyatakan belum tertarik untuk membahas penawaran yang diajukan Pertamina.

Inpex mengaku lebih fokus pada revisi rencana pengelolaan gas di blok Masela tersebut dari laut (off shore) ke darat (on shore). "Kita belum bisa bicara karena belum mendapatkan akses," ujar dia. (Dny/Ahm)

 

*Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini