Sukses

Dulu Sama Miskin, Mengapa Sekarang Indonesia Tertinggal?

Tahukah Anda dulu Korea, China dan Singapura sama miskinnya dengan Indonesia. Tapi mengapa kini Indonesia masih tertinggal?

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi negara Asia seperti China, Korea Selatan dan Singapura terus melesat hingga menjadi negara maju dunia. Padahal 50 tahun lalu, negara-negara tersebut  sama miskinnya dengan Indonesia.

"Kenapa dulu mereka sama miskin sekarang bisa lebih kaya dari kita?" kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Alam RI Rizal Ramli di acara Inspirato Liputan6.com, Selasa, 19 Juli 2016.

Rizal Ramli mengungkapkan, ada dua masalah yang membuat Indonesia masih tertinggal dari negara lain:

1. SDM Indonesia tidak unggul

Banyak keluarga miskin di Indonesia yang tidak mandiri karena hanya bisa bergantung satu sama lain dan juga tidak memiliki kemauan untuk memperbaiki hidupnya, sehingga banyak warga miskin yang menjadi pengangguran tanpa memiliki skill apapun.

“Di usia 6 tahun, saya yatim piatu dan saya berusaha mandiri ingin membuktikan kalau anak yatim piatu bisa maju dan ternyata terbukti saya bisa” ujar pria kelahiran Padang, Sumatera Barat itu.

2. Tidak mendorong industri

Banyak negara yang secara luas wilayah darat dan lautnya lebih kecil dari Indonesia tapi mereka bisa menjadi negara maju. Banyak pula yang mengambil keuntungan dari Indonesia dengan membeli sumber daya alam seperti buah-buahan dan gas dengan harga murah kemudian di jual kembali di Indonesia dengan harga 5-10 kali lebih mahal.

“Taiwan bukan negara penghasil gas dan tidak memiliki banyak cadangan gas seperti Indonesia, tapi ia berani beli gas di kita dan membangun petrokimia disana sehingga kini ia mampu menjadi negara maju. Begitupun dengan Malaysia yang sudah membeli 40 persen gas kita untuk kemudian membangun petrokimia sendiri" jelasnya.

Dengan fakta tersebut bukan hal yang mengherankan jika Indonesia masih menjadi negara yang tertinggal. Selama 50 tahun ke belakang hingga saat ini Indonesia tidak mampu memanfaatkan seluruh kekayaan alam yang ada, bahkan SDM-nya pun belum memiliki kesadaran untuk memajukan negara ini.

"Kita semua berharap di masa depan Indonesia bisa menjadi negara maju dengan kekeyaan alam yang melimpah dan SDM-nya yang unggul," ungkapnya. (Nabila)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini