Sukses

7 Tips Keuangan dari Orang Super Kaya

Kekayaan yang diperoleh oleh para miliarder tersebut ternyata didapat dari kemampuan mereka mengendalikan harta yang dimiliki.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang tidak tahu bahwa sebagian besar miliarder dunia ternyata tidak mendapatkan sumber kekayaannya sejak lahir.

Riset terbaru yang dikeluarkan oleh U.S. Trust Insights on Wealth and Worth mengungkap, 19 persen dari miliarder ternyata tumbuh dari lingkungan keluarga miskin. Sekitar 77 persen diantaranya hidup di lingkungan menengah.

Kekayaan yang diperoleh oleh para miliarder tersebut ternyata didapat dari kemampuan mereka mengendalikan harta yang dimiliki. Hal ini dapat dilakukan karena mereka memiliki kebiasaan yang baik.

Melansir laman Time.com, Kamis (28/7/2016), berikut 7 tips keuangan yang biasa dilakukan oleh para miliarder dunia:

1. Investasi jangka panjang

Sebagian besar dari miliarder memiliki kebiasaan ini. Dibanding terjun ke dunia saham dan berinvestasi dengan resiko tinggi, miliarder lebih memilih untuk memasukkan asetnya untuk investasi jangka panjang.

Selain memiliki resiko lebih rendah, investasi seperti ini juga dapat menaikkan aset kekayaan dengan lebih besar.

2. Peluang dan optimis saat berinvestasi

Miliarder merupakan seorang investor yang optimis. Mereka juga pandai melihat peluang dan tidak langsung takut apabila mendapat cekaman dari pasar. Para miliarder mengerti nilai dari pembelian dan tidak takut untuk mengambil kesempatan penawaran

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Pintar menggunakan utang

Tidak semua utang adalah buruk. Orang kaya tahu bahwa hutang ini bisa dijadikan alat yang pas untuk membangun kekayaan apabila digunakan dengan baik.

Sekitar 80 persen responden setuju bahwa hutang merupakan keuntungan dan bisa mendongkrak kondisi finansial yang ada.

4. Mendiversifikasi lewat aset nyata

Selain berinvestasi, para miliarder juga mendiversifikasi aset yang mereka miliki lewat barang berwujud. Contohnya saja seperti properti, karya seni, ataupun barang lain yang memiliki nilai lebih apabila disimpan dalam waktu yang lama.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Memperhitungkan pajak

Sebanyak 55 persen responden survei tersebut setuju bahwa memperhitungkan pajak dalam berinvestasi dapat memberikan keuntungan yang besar. Penting bagi Anda untuk mengerti aturan pajak sehingga dapat mengaitkan hal tersebut dengan investasi yang sedang dijalankan.

6. Mengajarkan nilai

Bagi para orang kaya, kebiasaan baik harus dibentuk sejak kecil. Orang tua dari para miliarder tersebut mendorong anaknya untuk dapat hidup dengan batasan yang jelas dan mengangkat nilai-nilai kehidupan yang baik.

Nilai-nilai ini bisa memiliki wujud yang beragam. Salah satunya adalah kedisiplinan tinggi dalam menabung dan berinvestasi.

7. Kebiasaan filantropi

Banyak orang kaya juga yang menanamkan kebiasaan filantropi ini pada keluarga. Sebagian besar responden mengaku bahwa kebiasaan berderma atau filantropi ini dapat memiliki efek yang besar dalam hidup. Kebiasaan ini dapat membuat mereka lebih menghargai kekayaan yang mereka miliki. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Tips Kaya

Video Terkini