Sukses

5 Cara agar Betah di Pekerjaan Baru Anda

Agar tetap bertahan di pekerjaan baru Anda, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang baru bekerja, tentunya hal yang paling sulit dilakukan adalah merasa betah di pekerjaan tersebut. Terlebih bagi Anda para lulusan baru, tentunya suasana perkuliahan atau sekolah akan sangat berbeda ketika Anda mulai memasuki dunia kerja.

Agar tetap bertahan di pekerjaan baru Anda, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Mengutip dari Mind Tools, berikut 5 cara agar betah di pekerjaan baru Anda:

1. Pahami tujuan Anda

Jika Anda tidak memiliki motivasi dan tujuan yang jelas, Anda mungkin tidak akan bertahan lama di pekerjaan saat ini. Anda harus paham benar tentang pekerjaan, serta tujuan Anda hingga 6-12 bulan ke depan.

Hal ini tidak hanya membuat Anda bertahan di pekerjaan baru Anda, tetapi Anda juga akan memiliki arahan untuk berkembang.

2. Jangan malu bertanya

Pekerjaan Anda akan terasa semakin sulit jika Anda mengerjakannya tanpa arahan dari orang-orang yang sudah berpengalaman.

Anda hanya akan membuang-buang waktu jika berusaha mencari solusi dari permasalahan tugas Anda sendirian. Jangan malu bertanya kepada bos dan rekan kerja Anda ketika Anda butuh mereka.

3. Buat zona nyaman Anda

Banyak orang merasa kewalahan ketika baru bekerja dengan suatu perusahaan. Seitp hal terasa berbeda, dan seringkali perubahan drastis tersebut memicu stres pada diri Anda.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menciptakan zona nyaman bagi diri Anda sendiri. Anda dapat memulainya dengan bercengkerama dengan rekan-rekan kerja pada jam istirahat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan mudah tersinggung

4. Jangan mudah tersinggung

Jika rekan kerja Anda bersikap tidak baik pada diri Anda, Anda sebaiknya tidak mudah tersinggung. Anda harus mengingat bahwa posisi Anda saat ini mungkin saja dulunya dipegang oleh teman dari rekan kerja Anda tersebut. Anda butuh waktu untuk membangun kepercayaan, terlebih dengan rekan kerja Anda yang baru.

5. Fokus bekerja

Satu hal terpenting yang bisa membuat Anda bertahan di pekerjaan baru Anda adalah fokus bekerja. Jangan pedulikan perkataan orang lain tentang pekerjaan Anda.

Anda juga tidak boleh iri dengan pekerjaan-pekerjaan teman-teman Anda yang lebih menyenangkan. Fokus pada apa yang harus Anda kerjakan sekarang, dan lupakan bagaimana pekerjaan Anda di masa lalu. (Aldo Lim/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.