Sukses

4 Pertanyaan Iseng Saat Wawancara Kerja

Hati-hati saat wawancara kerja, bisa saja ada pertanyaan iseng yang akan diberikan calon atasan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin sering mendengar tips dari teman-teman Anda untuk mempelajari visi dan misi perusahaan sebelum wawancara kerja. Tapi, pernahkah Anda terbayang bahwa atasan Anda akan iseng bertanya pertanyaan unik kepada diri Anda, siapkah Anda untuk menjawab?

Mengutip dari Mirror.co.uk,  saat menghadapi pertanyaan wawancara kerja yang terdengar aneh, Anda harus memberikan argumentasi yang kuat karena pertanyaan tersebut adalah ujian yang sebenarnya.

Potensi pekerja dilihat dari jawabannya, bagaimana karakter, kemampuan berpikir logika dan kemampuan calon pekerja ketika berada di bawah tekanan. Berikut 4 pertanyaan unik pada saat wawancara kerja dan jawabannya:

1. Bagaimana Anda menjual kulkas kepada orang Eskimo? – pernah ditanyakan di perusahaan Harods.

Cari tahu apa yang dibutuhkan oleh seorang Eskimo. Walau mereka tinggal di tempat yang dingin, kulkas memiliki kelebihan tersendiri karena memiliki temperatur yang konstan.

Hal ini dapat dimanfaatkan orang Eskimo untuk menyimpan benda-benda cair, seperti susu agar tidak beku, tetapi tetap dingin. Selain itu, Anda bisa memberikan promosi berupa diskon 50 persen.

2. Jika Anda berada di pulau sendirian, apa yang Anda minta untuk menemani? Mengapa demikian? – pernah ditanyakan di perusahaan Urban Outfitters.

Untuk menjawab hal ini Anda perlu tahu apa yang paling penting dalam hidup Anda, bagaimana Anda memprioritaskan segala hal, dan bagaimana Anda melihat suatu barang dari fungsi dan kegunaannya. Apapun jawaban Anda akan menentukan bagaimana orang tersebut memandang Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal nakal

3. Apa hal nakal yang pernah Anda lakukan? – pernah ditanyakan di Metro Bank.

Dalam menjawab pertanyaan ini, Anda harus bersikap jujur dengan sedikit memilih fakta yang terjadi. Tidak ada orang yang akan percaya bahwa Anda tidak pernah berbuat nakal. Sekalipun benar demikian, tidak ada yang ingin mempekerjakan pegawai yang seperti robot karena hidupnya cenderung datar.

Tetapi, Anda perlu memilih kejadian yang membuat Anda terlihat menarik, dan menyenangkan, bukan berbahaya. Jangan pernah menceritakan pengalaman Anda dalam obat-obatan maupun kejahatan.

4. Jika Anda disuruh memerankan tokoh kartun, siapa yang akan Anda pilih? Mengapa demikian? – pernah ditanyakan di ASDA.

Pertanyaan ini dapat dikatakan sulit dan mudah untuk dijawab. Mudah, karena Anda bisa menjawab berbagai karakter lucu yang Anda sukai. Sulit karena karakter yang Anda pilih secara tidak langsung mencerminkan kepribadian diri Anda, bagaimana Anda bersikap, dan kemampuan yang Anda miliki. Karakter siapa pun dapat Anda pilih, asalkan Anda memiliki alasan yang kuat. (Aldo Lim/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini