Sukses

Ini Fasilitas yang Bakal Ada di Terminal 3 Bandara Soetta

Saat ini proses pembangunan Terminal 3 telah mencapai 80 persen dan direncanakan selesai pada Maret 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta bakal mulai beroperasi pada 9 Agustus 2016. Penerbangan domestik milik Garuda Indonesia yang pertama memulai operasi di terminal yang digadang-gadang menjadi saingan Bandara Changi, Singapura ini.

Plt Direktur Utama PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo mengatakan, saat ini proses pembangunan Terminal 3 telah mencapai 80 persen. Rencananya pada Maret 2017 terminal tersebut telah selesai 100 persen.

"Sekarang sudah 80 persen, sisa 20 persen tinggal finishing-finishing saja. Targetnya selesai Maret 2017. Jadi total pembangunannya 4 tahun sampai Maret nanti,‎" ujar dia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (3/8/2016).

Djoko mengungkapkan, kelarnya pembangunan Terminal 3 pada tahun depan akan berbarengan dengan selesainya pembangunan kereta bandara, renovasi dan penggabungan Terminal 3 existing serta People Mover System di bandara tersebut.

"Diharapkan selesai bersamaan selesainya kereta dari bandara ke pusat kota, juga People Mover System yang menghubungkan Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 ini," tutur dia.

Selain itu, rencananya terminal ini juga akan dilengkapi dengan hotel transit. Jadi bagi penumpang yang menunggu penerbangan selanjutnya bisa bermalam di hotel tersebut tanpa harus keluar dari area bandara. "Kita akan bangun tapi belum mulai. Ada dua hotel transit di domestik dan internasional," lanjut dia.

Rencananya, terminal ini akan dilengkapi tenant-tenant produk lokal dan internasional. Selain itu, ruang untuk bermain anak-anak dan eksibisi untuk penampilan karya-karya seniman Indonesia.

"Tenant, selain ada internasional ada, domestik produk ada. Selain itu kita sedang menyiapkan fasilitas untuk makanan dan kerajinan lokal Indonesia, seperti kopi. Kopi tidak hanya Starbuck, ada kopi Aceh. Kenapa nggak? kopi Aceh kan terkenal. Kita juga ada ruang eksbisi untuk artis-artis yang akan menampikan karya," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.