Sukses

Harga Emas Naik Imbas Pemangkasan Suku Bunga Bank of England

Emas berjangka naik cukup tinggi pada penutupan perdagangan Kamis

Liputan6.com, Jakarta Emas berjangka naik cukup tinggi pada penutupan perdagangan Kamis, dipicu pernyataan Bank of England bahwa mereka memangkas suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2009.

Bank Sentral Inggris juga mengeluarkan stimulus untuk mendorong ekonomi negara tersebut pasca keluar dari Uni Eropa pada 23 Juni 2016 kemarin.

Emas untuk pengiriman Desember naik US$ 2,7 atau 0,2 persen untuk menetap di level US$ 1.367 per ounce seperti dilansir dari Marketwatch, Jumat (5/8/2016).

Bank of England memangkas suku bunga pinjaman ke level 0,25 persen dan melakukan beberapa tindakan, termasuk membangkitkan kembali program pembelian surat utang. Meski pemangkasan suku bunga telah diprediksi, stimulus tambahan tersebut mengejutkan pasar, dan memberikan pengaruh baik pada aset seperti emas.

Ini, ditambahkan dengan pelonggaran kebijakan dari Bank of Japan pada awal pekan ini, telah dilihat sebagai outlook jangka panjang yang mendukung harga emas.

Emas naik bahkan saat dolar merangkak yang sebenarnya cenderung negatif untuk harga komoditas. Dolar yang lebih kuat cenderung mengurangi daya tarik aset yang dijual dalam bentuk dolar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini