Sukses

4 Upacara Pembukaan Olimpiade Termahal

Selain acara yang spektakuler, beberapa upacara pembukaan ini juga turut menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Liputan6.com, Jakarta - Pagelaran olimpiade musim panas di Rio de Janeiro telah dimulai. Kemewahan upacara pembukaan ajang olahraga empat tahunan ini menjadi sorotan dunia.

Selama tiga puluh dua kali penyelenggaraan, tercatat ada beberapa upacara pembukaan olimpiade yang masuk dalam kategori paling megah.

Selain acara yang spektakuler, beberapa upacara pembukaan ini juga turut menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Melansir laman givemesport.com, Senin (8/8/2016) berikut empat upacara pembukaan olimpiade termahal:

4. Sydney 2000

Biaya: sekitar 15 juta pound sterling atau Rp 258,2 miliar

Pertandingan olimpiade pertama di era millenium ini sukses menyuguhkan upacara pembukaan yang sangat megah. Acara yang sebelumnya dibuka dengan gaya klasik, kemudian berubah menjadi pagelaran bertema modern. Upacara pembukaan tersebut kental dengan pagelaran yang menunjukkan sejarah dan budaya dari Australia.

3. Athena 2004
Biaya: sekitar 26 juta pound sterling atau Rp 447 miliar

Pagelaran olimpiade tahun 2004 di Athena didapuk sebagai acara olimpiade dengan upacara pembukaan paling megah. Dalam upacara pembukaan tersebut, ditunjukkan perbedaan antara Yunani zaman dulu dan modern. Biaya yang dihabiskan diperkirakan mencapai Rp 447 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. London 2012
Biaya: sekitar 56 juta pound sterling atau Rp 964 miliar

Upacara pembukaan dari Olimpiade London 2012 sangatlah membekas di memori pecinta olahraga. Bukan hanya pertunjukan mewah, penonton juga dimanja dengan penampilan artis asal Inggris seperti Rowan Atkinson, Daniel Craig hingga Spice Girl.

 

3 dari 3 halaman

Beijing 2008

1. Beijing 2008
Biaya: sekitar 75 juta pound steling atau Rp 1,2 triliun

Peringkat pertama ditempati oleh upacara pembuka Olimpiade Beijing 2008. Biaya fantastis mencapai Rp 1,2 triliun digelontorkan pemerintah China dalam upacara pembukaan olimpiade ini. Acara pembukaan dibuka dengan diangkatnya sebuah replika sangkar burung raksasa yang sukses membuat semua orang tercengang. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini