Sukses

Pertamax Turbo Jadi Pintu Masuk Pertamina Rebut Pasar Eropa

PT Pertamina (Persero) berencana membuka Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ‎di Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berencana membuka Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ‎di Eropa. Bahan Bakar Minyak (BBM) varian baru Pertamax Turbo jadi salah satu senjata Pertamina untuk menaklukkan pasar Eropa. 

Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina Afandi mengatakan, Pertamax Turbo telah hadir di empat negara di Eropa. keempat negara tersebut adalah Jerman, Belgia, Italia dan Prancis.

Untuk masuk empat negara tersebut, Pertamina menjalin kerja sama dengan Lamborghini. Pertamax Turbo menjadi bahan bakar resmi dalam gelaran Balapan Lamborghini Super Trofeo European Series pada 29 Juli 2016 lalu.

Menurut Afandi, setelah menjadi bahan bakar resmi dalam gelaran balap tersebut, Pertamina berencana untuk membuka SPBU di beberapa negara lain di Eropa. " Jadi Pertamina akan masuk ke pasar Eropa dan sekitarnya. Pertamax Turbo menjadi pintu masuk," kata Afandi, di Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Saat ini Pertamina sedang melakukan evaluasi dan mempelajari pasar di Eropa. Jika perhitungan secara keekonomian telah mencukupi maka Pertamina akan segera masuk ke pasar Eropa. "Kami evaluasi kalau memang benar-benar menjanjikan maka kami akan masuk. Kami hitung keekonomiannya. Kalau memenuhi kita masuk," tutur Afandi.

Dalam gelaran Lamborghini Super Trofeo European Series, Pertamax Turbo cukup diminati. "Penjualan Pertamax turbo di empat race terakhir mencapai 80 ribu liter. Next kalau kajiannya bagus kami buka SPBU di sana," kata Afandi.

Sebelumnya pada Kamis 11 Agustus 2016, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan Pertamax Turbo 100 persen produksi dalam negeri. Pertamina memproduksi Pertamax Turbo di fasilitas pengolahan minyak (kilang) yang terletak di Balongan, Indramayu Jawa Barat.

"Pertamax Turbo ini merupakan hasil produksi kilang dalam negeri Pertamina yaitu Refinery Unit Vl Balongan,” kata Dwi, saat meluncurkan Pertamax Turbo, di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2016).

Pertamax Turbo merupakan hasil inovasi Pertamina dalam menyediakan produk bahan bakar bagi kendaraan berbahan bakar dengan kategori Octane Number minimal 98 khususnya bagi kendaraan dengan teknologi Gasoline Direct injection, Turbo Charger, Super Charger, dan High Compression.

Dengan kualitas lebih baik dibandingkan Pertamax Plus, Pertamax Turbo diharapkan menjadi jawaban bagi konsumen yang ingin mendapatkan bahan bakar dengan akselerasi yang lebih cepat.

‎"Pertamax Turbo merupakan produk unggulan baru Pertamina, yang disediakan bagi konsumen yang menyukai performance sempurna dalam berkendara, dengan angka oktan 98 dan akselerasi yang lebih cepat," ‎tutup Dwi. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini