Sukses

Beli Rumah? Lakukan 4 Hal Ini Terlebih Dulu

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Anda bosan tinggal di rumah lama Anda? Atau pekerjaan Anda mengharuskan pindah ke tempat tinggal baru? Ini saatnya bagi Anda untuk membaca berbagai tips yang harus dilakukan sebelum membeli rumah atau properti. Mengutip dari USAToday.com, berikut empat hal yang dapat Anda lakukan sebelum membeli rumah seperti ditulis Selasa (16/8/2016).

1. Baca dengan Teliti

Para penjual rumah biasanya melakukan sedikit trik berbohong agar rumahnya cepat laku. Fla, seorang agen perumahan di St. Petersbug, Amerika Serikat mengatakan beberapa penjual rumah dengan sengaja menggunakan kata “seperti”. Hal ini akan membuat mereka punya alasan untuk menolak komplain Anda terhadap ketidaksesuaian bentuk rumah dengan gambar.

2. Pahami Syarat Kredit Perumahan

Beberapa bank hanya memberikan kredit rumah yang mereka anggap layak ditinggali, dan memiliki unsur keamanan dan kenyamanan yang baik. Para pemberi pinjaman lainnya biasanya ingin Anda merenovasi rumah dengan baik, seperti atap yang bocor, dan dinding yang retak. Renovasi harus dilakukan sebelum mereka memberi pinjaman.

3. Cari Tahu Soal Sertifikasi Tanah dan Rumah

Jika Anda ingin membeli rumah secara online, pastikan Anda mengetahui sertifikasi tanah dan rumah yang dimiliki. Kris Paolini, seorang agen perumahan di daerah Rockville, Md, Amerika Serikat, mengatakan jika Anda tidak tahu dengan baik sertifikasi rumah tersebut, bisa saja rumah Anda akan disita setelah Anda membelinya.

4. Sewa Jasa Inspektor Rumah

Pekerjaan sebagai inspektor rumah memang jarang ditemukan di Indonesia, tetapi pekerjaan ini sangat penting di Amerika Serikat. Jika Anda beruntung, Anda bisa menyewa jasa seorang inspektor rumah untuk menginspeksi seisi rumah yang akan Anda beli. Anda tentunya tidak mau benda-benda rahasia tersembunyi di rumah Anda bukan? (Aldo Lim/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.